Cara Hasilkan Uang Saat Traveling

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Ist/picvpic

VIVA.co.id – Traveling atau jalan-jalan adalah salah satu hal yang menyenangkan dan banyak orang lakukan saat ini. Selain traveling itu bisa memperkenalkan kita pada suatu daerah baru yang kita kunjungi, traveling juga dapat merefresh kita dari kesibukan yang padat di tiap harinya.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Belakangan, karena semakin maraknya orang yang ingin melakukan traveling ke berbagai kota bahkan hingga ke berbagai pelosok dunia, orang membutuhkan informasi mengenai tempat-tempat yang asyik untuk traveling. Beberapa perusahaan di bidang media memanfaatkan peluang ini untuk menjadi sebuah bidang pekerjaan baru. Salah satunya menjadi reporter traveling yang kini menjadi pekerjaan yang dibayar tentunya.

Seiring berkembangnya zaman, rupanya  tidak hanya seorang reporter traveling yang bisa bekerja sambil berlibur ke berbagai tempat di Indonesia bahkan di dunia namun, Anda yang memang memiliki hobi traveling atau ingin mencoba traveling tapi sambil bekerja, juga bisa melakukannya.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Saat ini keberadaan media sosial, live streaming video dan juga blog memungkinkan untuk memberikan informasi seputar traveling. Jika ingin traveling tapi kurang suka dengan dunia menulis, di negara tujuan traveling nanti, Anda juga bisa mencari pekerjaan selama traveling di sana.

Berikut ini ada beberapa cara agar traveling bisa menghasilkan uang:

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

1.    Fotografi perjalanan selama travelling

Saat ini hampir semua orang yang sedang bepergian ke luar kota atau pun ke luar negeri, rasanya kurang lengkap jika tidak berfoto. Bagi yang hobi fotografi tentunya bisa memiliki peluang yang bagus untuk bisa mendapatkan uang dari hasil fotografi yang diciptakan.

Saat melakukan travealing, keberadaan sebuah foto sangat penting dan bisa menggambarkan apa yang terjadi saat sedang pengambilan foto. Dengan bantuan kamera tertentu, dengan menerapkan unsur fotografi yang benar, Anda bisa menjual hasil foto tersebut ke beberapa situs lelang foto yang terkenal. 
Baca Juga: Jangan Bayar Uang Muka KPR dengan KTA! Ini Efek Buruknya

2.    Menulis cerita perjalanan

Ini merupakan peluang yang bagus bagi yang hobi menulis di blog. Media blog saat ini sudah sangat berkembang, bahkan sudah ada komunitas-komunitas yang muncul berawal dari kecintaan menulis di blog. Salah satu keistimewaan sebuah blog adalah berisi cerita perjalanan selama melakukan traveling.

Genre cerita perjalanan ini juga paling banyak diminati untuk dibaca, karena banyak informasi yang berkaitan dengan dunia traveling di dalamnya. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menghasilkan uang hanya dari menulis cerita perjalanan traveling. Membuat blog bisa gratis, namun saat blog ramai pengunjung, tidak menutup kemungkinan bahwa blog itu akan terkenal dan bisa dibayar oleh pihak pemasang iklan.
Baca Juga: 8 Kesalahan Saat Gadai BPKB Mobil di Bank

3.    Bekerja di resort negara tujuan traveling

Jika kurang menyukai fotografi dan juga menulis, ada alternatif lain agar selama traveling tetap dapat memiliki penghasilan, yaitu dengan bekerja di negara tujuan. Jika tujuan traveling ada di luar negeri, mungkin harus lebih banyak menggali informasi lagi mengenai lowongan pekerjaan apa yang cocok untuk ditekuni selama melakukan traveling.

Carilah pekerjaan yang mudah dikerjakan dan mudah juga untuk mendapatkan bayarannya, tidak perlu terlebih dulu mengurus surat izin bekerja dan lain sebagainya. Salah satu pekerjaan yang mungkin bisa pilih saat traveling ke luar negeri adalah bekerja di resort ski. Kabarnya di sana ada banyak pekerjaan yang bisa dipilih selama sedang traveling. 

4.    Menjadi pemandu wisata

Travel guide biasanya juga merupakan salah satu pekerjaan yang menyenangkan yang berkaitan erat dengan dunia traveling. Anda diharuskan menemani para tamu yang hendak berwisata untuk mengenalkan kepada mereka mengenai sejarah dan kebudayaan sebuah tempat.

Untuk menjadi pemandu wisata, Anda dituntut untuk lebih maksimal dalam berkomunikasi, terutama jika para tamu tersebut adalah turis dari luar negeri. Jika tinggal di wilayah yang sering dijadikan objek wisata untuk para traveler, itu bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai alternatif untuk mendapatkan bayaran saat traveling. Baca Juga: Manfaat Menggunakan Asuransi KTA dan Cara Mendaftarnya

5.    Berjualan cinderamata 

Ini juga bisa menjadi alternatif pekerjaan untuk menambah penghasilan selama traveling di suatu daerah ataupun negara tertentu. Saat orang pergi traveling, tentunya mereka juga ingin mendapat sebuah kenang-kenangan bahwa mereka telah mengunjungi suatu tempat.

Anda bisa berjualan cinderamata yang unik yang menjadi ciri khas sebuah tempat yang dikunjungi. Selain traveling, tentunya juga akan mendapatkan bayaran dari hasil berjualan cinderamata tersebut.
Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya