Indonesia Beli LPG dari Iran

Kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) Pertamina Gas II
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – PT Pertamina (Persero) dan National Iranian Oil Company hari ini menandatangani head of agreement (HoA) jual beli Liquefied Petroleum Gas (LPG) refrigerated, dengan total volume mencapai 600 ribu metrik ton. 

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

Penandatanganan tersebut dilakukan di Teheran, antara Senior Vice President Integrated Supply Chain Pertamina Daniel Syahputra Purba dan Vice Director for International Affairs, Petroleum Product Marketing and Operation NIOC Moradi.

Menteri ESDM Sudirman Said dan Meteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanggeneh ikut menyaksikan penandatanganan kesepakatan konkret dan bersejarah antara Pertamina dan NIOC.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, kesepakatan Pertamina untuk pembelian LPG Refrigerated dari NIOC akan mulai efektif berjalan dengan target delivery perdana pada kuartal IV 2016. Tahun ini, dijadwalkan pengiriman dilakukan sebanyak dua kargo, sedangkan pada 2017 akan dikirimkan 12 kargo, sehingga total volume mencapai 600 ribu MT.
 
“Kesepakatan ini sangat strategis, mengingat kebutuhan LPG di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2016 saja, penjualan LPG Pertamina tahun ini mencapai 7,5 juta MT, atau meningkat sekitar 13,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pasokan dari Iran, akan meningkatkan ketahanan pasokan LPG nasional,” terang Wianda, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 31 Mei 2016.
 
Wianda menjelaskan, selain kesepakatan LPG tersebut, Pertamina dan NIOC juga sepakat untuk melanjutkan pembicaraan mengenai  pasokan minyak mentah untuk kebutuhan Pertamina. Pertamina dan NIOC juga akan melakukan pembicaraan lebih jauh, terkait dengan peluang kerja sama di sektor upstream. (asp)

Ahok: Kalau Saya Dirut Pertamina, Kadrun Demo Mau Bikin Gaduh
Gedung Pertamina Pusat

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

Pertamina tetap komitmen untuk menyerap produk-produk para pelaku UMKM khuususnya dari para mitra binaan.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2020