Bisnis di Pasar Modal Lebih Mudah dengan Sistem Elektronik

Suasana di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan aplikasi sistem elektronik dan registrasi bagi perizinan, pendaftaran, perpanjangan, dan pelaporan kegiatan bisnis di Pasar Modal.

Investor 'Kartini' di Pasar Modal RI Masih Sedikit

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK, M. Noor Rachman mengatakan, langkah tersebut dilakukan, agar pelayanan Pasar Modal dapat dilakukan lebih mudah, cepat, efisien, dan terukur secara elektronik.

"Efisiensi pelayanan perizinan dapat meningkat, yang nantinya dan akhirnya akan meningkatkan efektifitas kerja dan meningkatkan jumlah pemilik lisensi, serta jumlah produk-produk Pasar Modal Indonesia pada khususnya, dan industri keuangan Indonesia pada umumnya," ujarnya di Jakarta, Selasa 31 Mei 2016.

Cara Investasi di Pasar Modal Untuk Pemula

Menurutnya, Sistem Elektronik Perizinan dan Registrasi Terintegerasi (Sprint), di Pasar Modal juga akan lebih meningkatkan keterbukaan informasi bagi pelaku industri terkait proses perizinan yang sedang diajukan.

Sebagai tahap awal dari implementasinya, kata dia, sistem ini akan diperuntukkan untuk proses pengurusan perizinan wakil agen penjual efek reksa dana, perizinan, perpanjangan izin, dan pelaporan wakil perusahaan efek bagi wakil manajer investasi, wakil perantara pedagang efek, wakil penjamin emisi efek. 

Seminggu Pertama 2017, Transaksi Harian Pasar Modal Melorot

Kemudian, pendaftaran dan pelaporan agen penjual efek reksa dana, serta pendaftaran, pembubaran, dan pelaporan produk pengelolaan investasi yang diperdagangakan di pasar modal

"Bersamaan dengan pengembangan SPRINT di Pasar Modal, OJK segera menerbitkan ketentuan OJK yang diharapkan menjadi panduan dan pedoman teknis (Pelaku pasar modal)," tuturnya. (asp)

Pengenalan Pasar Modal Bagi Pekerja Seni

OJK Masih Lemah Tegakkan Hukum di Pasar Modal

Banyak kasus di pasar modal yang belun ditangani dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2017