Sistem Pembayaran Jadi Kendala Pebisnis E-commerce

Belanja Online
Sumber :
  • Istimewa Alfamart

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyebut, kendala yang dihadapi oleh pebisnis pemula di sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) berbasis online terutama terkait dengan pembayaran. Hal ini karena sistem pembayaran nasional saat ini belum mendukung.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

"Kendala yang dihadapi pebisnis pemula payment. Sistem payment belum mendukung. Dari nasional payment gateway (sistem pembayaran satu pintu) sudah sampai mana?" kata dia saat ditemui di hotel Kempinski Jakarta, Rabu, 1 Juni 2016.

Agus mengaku, sistem pembayaran untuk perdagangan UMKM khususnya UMKM online atau e-commerce masih dilakukan dengan sistem pembayaran yang sederhana.

Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

"Misalnya dengan cash on delivery, sistem transfer, kartu kredit. Jadi kita tidak kuatir dengan sistem pembayaran," ujarnya.

Terkait dengan nasional gateway, kata Agus, dewan gubernur sudah menyetujui konsep dasar dan peta jalan dari nasional payment gateway. Sehingga nanti akan bisa dijelaskan bagaimana konsep nasional payment gateway yang diarahkan oleh regulator.

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Menurut Agus, perkembangan di sektor UMKM perlu didukung, sebab sangat berperan bagi ekonomi negara. Dari 60 persen peran usaha kecil menengah, 97 persen lapangan kerja diberikan oleh UMKM.

"UMKM itu tidak hanya membutuhkan modal dan akses keuangan dalam bentuk pinjaman modal kerja. UMKM memerlukan sumber daya manusia yang handal, manajemen standarisasi, sampai kepada praktek produksi yang konsisten," ujarnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya