Bawang Putih Tembus Rp45 Ribu per Kilogram

Bahan pokok pangan.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Menjelang puasa dan hari raya Lebaran, harga-harga komoditas bahan pangan mulai merangkak naik, terutama sayur mayur. Salah satunya bawang putih yang naik Rp10 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram dalam seminggu belakangan ini, khususnya di Jakarta.

Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik di Cirebon, Cabai Merah Kriting Dijual Rp60.000

"Kalau yang lagi tinggi, ya mba itu bawang putih, sekarang sampai Rp45 ribu per kilogramnya," kata Umi, seorang penjual sayur mayur di Pasar Buncit, Jakarta, Jumat 3 Juni 2016.

Normalnya, harga bawang putih hanya kisaran Rp30-35 ribu per kilogram. Sementara itu, harga bawang merah dipastikan masih stabil, yaitu Rp35 ribu per kilogramnya.

Blusukan ke Pasar Tradisional Bali, Mendag: Beli MinyaKita Harus Pakai KTP, Tak Boleh Diborong

Selain itu, harga sayur-sayuran seperti daun bawang juga naik dari Rp10 ribu menjadi Rp20 ribu, kentang dari Rp8.000 per kilogram menjadi Rp12 ribu per kilogram, dan brokoli dari Rp12 ribu menjadi Rp25 ribu.

Kenaikan yang cukup signifikan pada sayur mayur itu diperkirakan berlangsung hingga pertengahan bulan puasa. Namun, bisa dipastikan juga seminggu menjelang Lebaran harga tersebut akan naik kembali.

Harga Kebutuhan Pokok di Kota Malang Merangkak Naik Jelang Nataru

"Saya sih tidak terlalu masalah harganya naik, asalkan barangnya ada," ujar Asiyah (28), di pasar buncit di pasar buncit. (asp)

Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani saat meninjau Pasar Cihapit Bandung

Pemerintah Harus Tekan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Sebelum Ramadan

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mendapat keluhan kenaikan harga kebutuhan pokok yang turut berdampak terhadap produksi produk makanan.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2023