Cara Belanja Cerdas agar Kantong Tak Terkuras

Belanja bahan makanan.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA.co.id – Apakah kamu senang membuat bekal makanan sendiri, atau pun memasak di rumah? Jika ya, tentunya belanja bahan makanan sudah menjadi tradisi rutin yang dilakukan setiap minggu, atau setiap bulan. 

Putus Rantai Corona, Bisa Lakukan ini Saat Belanja

Pengeluaran yang kamu perlu siapkan untuk belanja tersebut, tentunya tidak sedikit. Namun, umumnya masih jauh lebih hemat daripada makan di restoran terus setiap hari.

Meskipun memilih untuk memasak sendiri sudah lebih hemat, jika kamu tidak hati-hati, penghematan yang kamu lakukan tersebut, bisa malah berbalik menjadi pemborosan. 

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Nah, agar boros tersebut berbalik menjadi hemat, coba lakukan lima cara belanja bahan makanan yang tidak bikin dompet cepat kempis berikut:

1. Tuangkan apa saja yang ingin kamu beli ke dalam suatu notes

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Daftar belanja berfungsi sebagai pengingat apa saja bahan-bahan yang perlu kamu beli. Hal ini, berguna untuk antisipasi kamu belanja barang lain yang tidak kamu perlukan. Selain itu, kamu juga jadi punya bayangan berapa besar jumlah yang akan kamu keluarkan untuk belanja.

Baca juga: 4 Langkah Mempersiapkan Mudik Tanpa Menggunakan Pinjaman

2. Coba pakai aplikasi, atau belanja lewat situs online

Di zaman sekarang, banyak hal yang bisa dilakukan melalui internet. Belanja bahan makanan juga tidak terlepas dari tren tersebut. Hanya tinggal menggunakan beberapa klik di situs, atau aplikasi smartphone, kamu sudah bisa membeli bahan-bahan makanan tersebut yang diantar langsung ke rumah kamu. 

Hal ini berguna, jika kamu sibuk dan banyak bahan makanan yang perlu kamu beli. Pastikan biaya tambahan yang kamu bayarkan sesuai, jika dibandingkan dengan belanja sendiri.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Agar Pengajuan Kredit Elektronik Mudah Disetujui

Selanjutnya, manfaatkan pasar tradisional untuk belanja...

3. Manfaatkan pasar tradisional untuk belanja

Pasar tradisional cenderung memiliki banyak produk segar. Sebagian produk yang dijual juga bisa lebih murah harganya, dibandingkan dengan yang dijual di supermarket. Pastikan kamu belanja di pasar yang terjaga kebersihannya untuk mendapatkan bahan kualitas terbaik.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Mengelola Keuangan Menyambut Bulan Ramadhan

4. Mendaftar untuk mendapatkan kartu keanggotaan dari toko, atau supermarket langganan

Biasanya, toko supermarket besar memiliki program keanggotaan yang akan memberikan berbagai keuntungan tambahan bagi para anggotanya yang sering belanja di sana. 

Misalnya, kamu bisa mendapat poin yang dapat ditukar dengan bahan makanan gratis. Ada juga yang dapat digunakan untuk mengikuti program undian berhadiah, jika kamu tertarik mengikutinya.

5. Gunakan promo dari kartu kredit

Kartu kredit juga membantu dalam berhemat untuk urusan belanja. Toko, atau supermarket sering bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit untuk memberikan promo-promo seperti diskon dan cashback. Selama kamu membeli bahan makanan yang sesuai kebutuhan, kamu justru lebih hemat belanja menggunakan kartu kredit.

Untuk menemukan kartu kredit yang sesuai kebutuhan kamu, gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya