BISNIS

100% Cinta Indonesia Digalakkan

Masyarakat Indonesia masih terlalu bersikap jaga image dan berpikiran orientasi impor.
Senin, 27 Juli 2009
Oleh : Hadi Suprapto, Syahid Latif
Mendag Mari Elka Pangestu

VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menilai masyarakat Indonesia masih terlalu bersikap jaga image dan berpikiran orientasi impor. Penilaian tersebut diperoleh dari hasil penelitian mengenai persepsi masyarakat di Tanah Air.

Untuk itu, Departemen Perdagangan, Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta Departemen Komunikasi dan Informatika mengajak perusahaan negara untuk ikut membantu program kampanye 100% Cinta Indonesia yang sedang digalakkan pemerintah.

"Target pertama kami untuk diajak bekerja sama adalah BUMN sebagai katalis untuk menggalakan program ini," ujar Mari dalam sambutan penandatanganan nota kesepakatan Kampanye Aku Cinta Indonesia antara tiga departemen dan 40 perusahaan BUMN, di Gedung BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin 27 Juli 2009.

Menurut Mari, pemerintah memang telah sering kali membuat program serupa yang mengajak masyarakat mencintai produk-produk asli bangsa Indonesia. Namun, dalam program kali ini, pemerintah akan mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut terlibat mengampanyekan program ini. 

"Tidak cukup dengan mengajak orang untuk mencintai produk Indonesia, tapi harus juga diimbangi dengan upaya meningkatkan kualitas dari produk-produk itu," kata dia seraya menegaskan bahwa program ini bukan bentuk kebijakan proteksionisme dari pemerintah.

Menteri Negara BUMN Sofyna Djalil menginstruksikan agar seluruh BUMN membantu kampanye aku cinta produk Indonesia yang digalakkan tahun ini. Bahkan dia tidak akan bermasalah jika ada BUMN yang khusus mengeluarkan dana untuk mempromosikan kampanye tersebut. 

"BUMN banyak yang beriklan, mereka bisa saja mengombinasikan isi iklanya dengan memasukan pesan 100% Cinta Indonesia, Selain itu BUMN juga bisa menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaannya," kata dia.

Sofyan menambahkan, BUMN yang memiliki fasilitas untuk penyampaian informasi juga bisa menggunakan medianya tersebut untuk menyebarkan pesan-pesan kampanye ACI tersebut. hadi.suprapto@vivanews.com

TERKAIT
TERPOPULER