Bukan Hanya Daging, Harga Sembako Lainnya Kompak Naik

ilustrasi pedagang pasar di Jakarta.
Sumber :
  • Rebecca Reifi Georgina - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Naiknya harga Sembilan Bahan Pokok (sembako) saat Ramadan, memang sudah menjadi aktivitas tahunan di Indonesia. Kenaikan terjadi dari harga daging sapi dan ayam, sayur mayur, beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur.

Awal Ramadhan, Harga Daging Tembus Rp160 Ribu Per Kg di Pasar Tomang

Berdasarkan pantauan Viva.co.id di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa 7 Juni 2016, tampak terlihat harga minyak goreng ada dikisaran Rp24-25 ribu per dua liter. Selain itu, harga gula pasir di kisaran Rp15 ribu per kilogram dan harga telur Rp24 ribu per kilogram.

Sedangkan pemerintah mematok harga sembako dalam operasi pasar selama Ramadan ini di bawah harga jual biasanya. Mulai dari minyak goreng seharga Rp21 ribu per 1,8 liter, gula pasir Rp14 ribu per kilogram, dan telur Rp21 ribu per kilogram.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Salah seorang pedagang sembako di Pasar Minggu, Juarnah menjelaskan, dia tidak bisa memakai harga jual pemerintah sebesar Rp21 ribu per kilogram untuk telur, lantaran telah membeli harga Rp330 ribu per peti. 

"Saya jual telur dengan harga Rp24 ribu per kilogram, karena dari agen saja saya sudah beli dengan harga tinggi, yaitu Rp330 ribu per peti," ujar Juarnah.

Harga Bawang Putih Melonjak Hingga Rp60 Ribu per Kg

Pedagang sembako lainnya, Anis mengatakan, minyak goreng yang terbilang sebagai minyak curah saja saat ini seharga Rp12 ribu per liter. Sebelumnya, harga minyak curah hanya Rp10 ribu per liter.

"Sekarang, minyak curah juga naik sampai Rp12 ribu per liter, sebelumnya cuma Rp10 ribu per liter," kata Anis.

Begitu juga dengan pedagang beras di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mereka berjualan dengan harga biasanya, mulai dari Rp8 ribu-Rp14 ribu per liter. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya