Bos Alibaba: Barang Palsu Kini Lebih Bagus Dibanding Asli

Pendiri Alibaba Jack Ma.
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip

VIVA.co.id – Bos besar raksasa e-Commerce Alibaba, Jack Ma, mengatakan bahwa saat ini banyak barang palsu memiliki kualitas yang lebih baik daripada aslinya. Itu adalah balasannya terhadap kritikan deras beberapa waktu ini yang mengatakan e-Commerce yang dibuatnya mengambil keuntungan dari menjual barang palsu. 

Bawa Barang KW di Prancis Bisa Kena Denda hingga Hukuman Penjara

Dilansir dari CNBC, Rabu 15 Juni 2016, Ma mengaku telah lama diserang tuduhan bahwa ia sangat menoleransi penjualan barang palsu pada platform e-Commerce-nya. 

" Masalahnya adalah produk palsu saat ini ada yang memiliki kualitas lebih baik dan harga yang lebih baik daripada asli," ungkapnya di kator pusat Alibaba di Hangzhou.

Kata Bukalapak, Tokoped dan Shopee Disebut Kasih Lapak Barang Palsu

Bahkan menurutnya, produk palsu memiliki standardisasi produksi yang sama dengan produk asli. 

"Mereka (Produk palsu) hanya tidak menggunakan nama yang sama," tambahnya.

USTR: Bukalapak, Tokopedia dan Shopee Fasilitasi Jualan Barang Palsu

Pada Mei lalu, Alibaba diskors oleh Koalisi Anticounterfeiting Internasional, sebuah badan pengawas untuk industri ritel, atas keperhatinan yang sama tentang produk palsu. Bentuk dari hal tersebut, Alibaba secara berkala diperiksa oleh regulator China. 

Jepretan layar (secreenshot) akun Twitter @LndMuslitaNazir yang membagikan cuitan yang menyebut adanya pemeriksaan barang KW yang dilakukan di Bandara Paris, Prancis.

Cek Fakta: Pengecekan Barang KW atau Palsu di Bandara Paris

Sebuah akun Twitter membagikan cuitan info pemeriksaan barang KW yang dilakukan di Bandara Paris, Prancis. Pemeriksaan orisinalitas barang bukan wewenang pihak bandara.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022