Kisah Sedih Menteri Basuki, Lihat Pemudik Kehabisan Air

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono (berkacamata hitam).
Sumber :
  • Chandra GA/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, hari ini, Kamis 16 Juni 2016, melakukan blusukan ke lapangan untuk memeriksa kesiapan infrastruktur jalan yang akan dipergunakan selama musim mudik 2016.

Mudik di Desa Penari

Kali ini, Menteri Basuki meninjau kesiapan infrastruktur yang berada di sekitar area jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali). Lokasi pertama yang dikunjungi Basuki, yakni rest area atau tempat peristirahatan di Kilometer 86 ruas Tol Cipali.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di lokasi, Menteri Basuki meminta kepada pengelola rest area tersebut untuk menjaga ketersediaan air selama musim mudik lebaran tahun ini. Kejadian pada tahun lalu pun diharapkan tidak terjadi lagi pada musim lebaran tahun ini.

Catat, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Api Periode Idul Fitri 2022

"Kami ada pengalaman pemudik yang membludak. Waktu sedang ramai-ramainya, air sempat tidak keluar. Tahun ini kami tidak ingin itu terjadi lagi. Air harus tersedia," kata Basuki di lokasi rest area ruas Tol Cipali, Jawa Barat.

Lokasi kedua yang disambanginya, adalah rest area kilometer 103 ruas  Cipali. Kali ini, Menteri Basuki meninjau ketersediaan area parkir untuk memastikan apakah area parkir di lokasi ini siap untuk menghadapi musim mudik tahun ini.

Kemenkes Yakin Omicron Siluman Tak Bikin Lonjakan Kasus Jelang Lebaran

Menanggapi hal ini, Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto, yang ikut menemani Menteri Basuki mengatakan bahwa daya tampung air di seluruh rest area di ruas tol Cipali sudah ditingkatkan kapasitasnya lebih besar dibandingkan kapasitas sebelumnya.

Bukan hanya ketersediaan air, kapasitas area parkir pun sudah ditingkatkan agar siap menghadapi musim Lebaran. Berbagai fasilitas pun disiapkan pengelola ruas jalan Tol Cipali demi memberikan kenyamanan bagi para pemudik.

"Air tahun lalu itu hanya 10.000 liter, tahun ini kami tambah jadi 50.000 liter. Area parkir sudah kami tambah, kemudian juga ada rumah sampah. Secara landscape juga kami rancang supaya lebih indah," kata Hudaya.

Setelah meninjau dua lokasi rest area, Menteri Basuki pun kembali melanjutkan blusukannya. Kali ini, gerbang tol Palimanan yang belum lama ini diintegrasikan sistem pembayarannya dengan ruas Tol Jakarta - Cikampek menjadi sasaran Basuki.

Dalam blusukannya di lokasi, Menteri Basuki memantau setiap kendaraan yang menghampiri setiap gerbang tol. Sesekali, ia pun bertegur sapa kepada para pengemudi, menanyakan bagaimana sistem respons pengendara terhadap pembayaran jalan tol yang telah diintegrasikan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya