Mudik dari Jawa Timur, Bisa Kantongi Tiket Kereta Gratis

Cara Pembelian Tiket di Stasiun Kereta Api
Sumber :

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menyediakan 113.008 ribu tiket gratis berbagai stasiun di Jawa Timur untuk mudik dan balik Lebaran tahun ini. Semua kereta singgah di Stasiun Kota Malang, dan bisa dipesan di Stasiun Kereta Api Malang Kota Baru.

Hujan Deras, Seorang Ibu Tewas Tertimpa Tembok Kecamatan di Malang

Kepala Stasiun Malang Kota Baru, Suprapto mengatakan, program mudik dan balik itu inisiatif dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama degan PT KAI. 

“Ada dua kereta jarak jauh, yaitu Probowangi rute Probolinggo-Banyuwangi dan Tawang Alun, rute Malang-Banyuwangi. Juga, ada lima kereta api diesel,” kata Suprapto Jumat 17 Juni 2016.

Klaster Keluarga dan Sekolah Pemicu COVID-19 Melonjak di Kota Malang

Tiket Kereta Api Tawang Alun dan Probowangi bisa dipesan 30 hari menjelang keberangkatan mudik, yaitu pada 3-5 Juli 2016 dan saat balik pada 8 dan 9 Juli 2016. 

Sementara itu, Humas PT KAI Daop delapan Surabaya, Suprapto mengatakan, okupansi dua kereta jarak jauh saat ini menyisakan 10 persen untuk kereta api Pobowangi. 

Viral Haikal Hassan Diusir di Malang, Diminta Ceramah di Padang Pasir

"Probowangi sudah 90 persen terisi, sedangkan Tawang Alun sudah penuh,” kata Suprapto Jumat 17 Juni 2016.

Sementara itu, lima kereta api diesel (KRD) yaitu KA Penataran, Dhoho, Tumapel, KRD Bojonegoro dan KRD Kertosono baru bisa dipesan pada 24 Juni nanti, untuk keberangkatan pada 1-5 juli dan pemesanan pada 1 Juli untuk arus balik pada 8-12 Juli mendatang. 

"Setiap harinya rata-rata ada 11.785 tiket gratis yang dibagikan dan total 113.008 tiket selama arus balik dan mudik tahun 2016," katanya.

Menurutnya, mudik gratis menggunakan kereta api ini sudah berlangsung selama tujuh tahun terakhir. Untuk tahun ini, total anggaran yang digunakan mencapai Rp1,8 miliar. 

"Anggarannya pakai APBD Provinsi Jawa Timur, mencapai Rp1,8 miliar. Pemesanan tiket juga bisa dilakukan di Stasiun Kereta Api Malang,” katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya