Ini Tips Agar Tetap Produktif Meski Sedang Berpuasa

Ilustrasi pekerjaan tidur saat berpuasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Produktivitas adalah kunci penting kesuksesan dalam berkarier. Bila ingin naik jabatan dan naik gaji, Anda harus mampu menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang produktif dan rajin bekerja. Di hari biasa, Anda tentu tidak kesulitan untuk mempertahankan semangat kerja. 

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Namun, saat puasa, mempertahankan produktvitas adalah tantangan serius yang tidak mudah untuk dihadapi. Padahal, perusahaan, atau atasan tentu tidak mau maklum bila kualitas kerja kita turun selama Ramadan, karena hampir semua pekerja Muslim tentu berpuasa. Agar produktivitas Anda tetap tinggi, berikut lima trik yang bisa kamu terapkan selama Ramadan:

1. Perbanyak air putih

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Salah satu tantangan berat saat berpuasa adalah menahan rasa haus. Terlebih jika cuaca sedang terik dan harus melakukan kerja fisik. Sebenarnya, rasa haus adalah sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Agar Anda bisa menahan rasa haus meskipun bekerja, cobalah untuk meminum air putih lebih banyak di antara waktu berbuka puasa dan sahur. 

Jika, sehari sebelumnya tubuh kamu banyak mengeluarkan cairan, coba tingkatkan jumlah air putih yang kamu minum. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan, kemungkinan merasakan haus dan lemas akibat dehidrasi bisa diminimalisir dan Produktivitas Anda pun tidak terganggu. 

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Baca juga: Cara Mencegah Lima Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi Ketika Puasa

2. Kurangi kafein

Selama Ramadan, Anda harus menjalankan tarawih dan sahur. Namun, usahakan agar kebutuhan tidurmu tetap tercukupi. Sebab, dengan waktu istirahat yang cukup, tubuh jadi tidak mudah lelah saat harus melakukan pekerjaan fisik yang berat.

Untuk itu, cobalah meningkatkan kualitas tidur dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain itu, kurangi atau hentikan sama sekali konsumsi kafein selama puasa agar istirahat kamu makin berkualitas. 

3. Makan bergizi saat sahur

Di hari biasa, sarapan adalah waktu bersantap paling penting. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi, karbohidrat, vitamin dan mineral, orang sanggup untuk beraktivitas berat sekalipun. Pada saat puasa, momen sarapan digantikan oleh sahur. Untuk itu, coba perhatikan kualitas sahur, meskipun selera makan biasanya tidak muncul saat sahur lantaran masih terlalu pagi, dan jangan pernah melewatkan jam makan ini bila ingin tetap kuat puasa saat bekerja.

4. Tetap berolahraga

Salah bila Anda menganggap berolahraga tidak tepat dilakukan saat puasa. Justru dengan tetap rutin berolahraga, daya tahan tubuh akan terjaga baik di saat puasa. Untuk itu cobalah tetap melakukan olahraga. Namun, sesuaikan jam dan jenis olahraga yang paling cocok dilakukan saat puasa. 

Baca juga: Tips Belanja Untung di Pekan Raya Jakarta 2016

5. Tidur siang

Saat menjalani puasa, Anda harus menghemat energi. Usahakan untuk tidak membuang energi pada kegiatan yang tidak perlu atau tidak berkaitan dengan pekerjaan. Nah, buat para pekerja cobalah untuk memanfaatkan waktu istirahat kerja dengan beristirahat.

Waktu itu bisa diusahakan untuk tidur siang selama 30 menit di sela-sela waktu istirahat. Bila Anda tidak bekerja di ruangan, bisa coba cari tempat yang baik untuk berteduh dan memulihkan tenaga. Dengan begini, rasa haus dan lapar yang seringkali muncul pada jam-jam kritis bisa berkurang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya