Empat Cara Agar Tidak Khilaf Pakai Kartu Kredit saat Ramadan

Ilustrasi belanja menggunakan kartu kredit.
Sumber :

VIVA.co.id – Segera setelah bulan Ramadan berakhir, kita akan memasuki masa libur yang cukup panjang. Oleh karena itu, berbaga promo menarik, terutama menggunakan kartu kredit, mudah ditemui di mana-mana untuk menarik calon konsumen.

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Jika dilakukan dengan tepat, promo-promo belanja tersebut memang berguna untuk kita yang berada di posisi pembeli, sebagai bentuk penghematan. Promo-promo tersebut juga berguna untuk mengurangi pengeluaran kita di bulan Ramadan, yang memang cenderung lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Namun, kamu tetap perlu berhati-hati karena penggunaan kartu kredit yang berlebihan justru bisa membuat boros. Untuk antisipasi terhadap hal tersebut, simak caranya berikut ini:

Layanan Gaji Ini Bisa Bikin Karyawan Lupakan Istilah Tanggal Tua

1. Antisipasi belanja dengan kartu kredit berlimit rendah

Berhati-hatilah dengan limit kartu yang benar-benar kamu perlukan untuk transaksi. Jika kamu sebenarnya jarang berbelanja, sebaiknya pilih kartu kredit dengan limit rendah. 

5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Selain mencegah kemungkinan kamu menjadi boros, kartu kredit dengan limit rendah memiliki persyaratan yang lebih ringan dan biaya lain yang juga lebih ringan dibandingkan kartu kredit dengan limit tinggi. 

Jadi, kamu terhindar dari kemungkinan gagal bayar juga karena transaksi kamu terbatasi dengan limit kartu kredit rendah.

Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadan

2. Baca syarat promo dengan teliti

Salah satu kerugian yang sering timbul adalah lalai memperhatikan syarat dan ketentuan khusus untuk menikmati promo kartu kredit, yang biasanya memang tidak selalu dicantumkan secara jelas. Sebagai contoh, promo membeli baju yang ternyata hanya ada setiap hari kerja saja dengan nominal pembelanjaan tertentu. 

Jangan sampai karena kepalang basah sudah ingin beli di luar ketentuan promo, kamu akhirnya membayar dengan harga normal yang mahal. Selain itu, jangan malu untuk bertanya ke pramuniaga/kasir/agen sebelum mulai melakukan transaksi, agar promo tersebut lebih jelas.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mencegah Pemborosan di Bulan Ramadan!

3. Jangan lupakan keberadaan biaya tahunan

Cek biaya tahunan (annual fee) dan biaya-biaya tersembunyi lain dari kartu kredit tersebut. Banyak kartu kredit yang sebenarnya menawarkan gratis biaya tahunan untuk tahun pertama. 

Kamu bisa berhemat biaya tahunan antara Rp250 ribu hingga Rp1 juta. Selain itu, memeriksa dengan teliti kemungkinan biaya tersembunyi lain bisa menyelamatkan kantung kamu dari tagihan mendadak.

4. Perhatikan baik-baik detail dari promo kartu kredit

Kamu bisa cek dengan detail promo apa saja yang dapat dinikmati dengan kartu kredit tersebut. Kalau kamu memilih kartu kredit dengan banyak promo terkait dining sedangkan kamu tidak suka atau jarang makan di restoran, ya sebaiknya pilih kartu kredit lain yang memiliki promo sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Sayang bukan jika kartu kredit kamu menjadi kurang berguna?

Baca juga: 5 Peluang Bisnis di Bulan Ramadan untuk Menambah Barokah!

Dengan melakukan berbagai hal di atas, kamu dapat mencegah kerugian kartu kredit menjelang musim liburan ini. Untuk menemukan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhanmu, gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya. (ase)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya