Mau Cepat Kaya? Ikuti 5 Cara Ini

ilustrasi orang kaya
Sumber :

VIVA.co.id – Setiap orang tentu akan memiliki tujuan keuangan di dalam hidup mereka, bisa jadi termasuk Anda. Anda tentu memiliki beberapa keinginan di dalam hidup, di mana hal-hal tersebut berhubungan dengan keuangan yang dimiliki, sebab hampir semua hal akan membutuhkan sejumlah biaya, bukan?

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Ketika memutuskan untuk melakukan sesuatu, maka Anda harus menentukan tujuan dari hal tersebut. Banyak hal yang menjadi tujuan sebuah perencanaan keuangan, misalnya: investasi, renovasi rumah, pembelian mobil baru, wisata keluarga, dan banyak tujuan lainnya.

Hal-hal tersebut tentu harus direncanakan dengan sangat matang, termasuk dalam bidang keuangan juga, sehingga ketika tiba waktunya maka bisa mencapai tujuan keuangan yang Anda tetapkan dan melakukan berbagai rencana di dalam hidup dengan sangat baik.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Mencapai tujuan keuangan bukanlah sebuah hal yang mudah bagi semua orang, tindakan ini akan membutuhkan sejumlah usaha dan juga kedisiplinan. Lakukan lima hal di bawah ini untuk mencapai tujuan finansial:

1.    Tentukan tujuan keuangan dan atur waktu pencapaiannya

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Anda dapat memulainya dengan cara menentukan tujuan keuangan yang akan dicapai nantinya. Mulailah mencari tahu mengenai tujuan dan menyusun anggaran yang akan dibutuhkan untuk hal tersebut.  Untuk mempermudah pencapaiannya, bisa membaginya dalam beberapa waktu tertentu, misalnya: 

•  Mulai menyisihkan sejumlah gaji setiap awal bulan dan menabungnya secara berkala supaya setahun ke depan bisa digunakan untuk biaya renovasi rumah.

•    Menabung untuk mengganti tempat tidur anak yang kini sudah mulai beranjak remaja.
Baca Juga: 9 Cara Menghindari Penipuan Toko Online

2.    Bertindak dan berhemat

Setelah memiliki tujuan yang tepat, maka Anda bisa bertindak untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini bisa dilakukan secara bertahap, sesuai dengan waktu pencapaian yang telah ditetapkan sebelumnya. Berhemat tentu bukan sebuah hal yang mudah dilakukan, terutama jika memang tidak terbiasa melakukannya sebelum ini. 

Namun jika memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan keuangan, maka Anda tidak akan kesulitan untuk melakukannya. Mulailah berhemat dengan hal-hal kecil, seperti: 

•    Akan menyisihkan lima persen dari uang belanja mingguan, lalu menabungnya.

•    Mengalokasikan sejumlah uang ke dalam tabungan, yang biasanya anda gunakan untuk menikmati kopi di cafe langganan anda.

•    Menghemat biaya pulsa.

•    Membawa bekal makan siang ke kantor.

3.    Mendapatkan penghasilan tambahan

Jika ternyata berhemat tidak bisa mencapai tujuan keuangan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan sejumlah penghasilan tambahan, di luar penghasilan tetap yang dimiliki. Jumlahnya mungkin tidak akan terlalu besar, namun cukup bisa membantu mencapai tujuan keuangan anda dengan lebih cepat dari rencana sebelumnya. 

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan sejumlah penghasilan tambahan, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

•    Memberikan les private di jam pulang kantor, ini bisa dilakukan pada beberapa anak tetangga yang tinggal di lingkungan rumah.

•    Melakukan garage sale, jika memiliki sejumlah barang-barang yang masih layak pakai dan tidak digunakan lagi saat ini.

•    Menjadi seorang freelancer, ini bisa dilakukan jika memiliki keahlian yang bisa dijual. Anda bisa mendapatkan sejumlah project dari klien dan mengerjakannya secara online, sehingga  bisa bekerja dari rumah.
Baca Juga: Tempat Makan Murah untuk Berbuka Puasa

4.    Pisahkan rekening tabungan 

Ada banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, barangkali anda adalah salah satunya. Anda selalu dengan mudah meraih kartu ATM dan kembali menghabiskan sejumlah uang yang telah  dikumpulkan dengan susah payah tersebut. Jika hal seperti ini menjadi penghalang dalam mencapai tujuan keuangan, maka mulailah melakukan perubahan. 

Pisahkan rekening tabungan dengan rekening lainnya yang digunakan untuk menampung gaji dan juga memenuhi berbagai kebutuhan lainnya. Buka tabungan tanpa kartu ATM, sehingga Anda tidak bisa menarik dan menghabiskan dana di dalamnya sesuka hati. Rekening tanpa kartu ATM akan membuat  harus menyisihkan waktu untuk mendatangi bank dan melakukan penarikan tunai di sana, merepotkan bukan?
Baca Juga: 8 Cara Memanfaatkan Hari Minggu dengan Produktif

5.    Kelola keuangan dengan tepat

Untuk mencapai tujuan keuangan, Anda tentu harus mengelola keseluruhan keuangan dengan tepat. Jika salah satu pos di dalam keuangan tidak berjalan dengan baik, maka besar kemungkinan tujuan keuangan tersebut tidak akan bisa dicapai nantinya.

Mulailah membiasakan diri untuk mengelola keuangan dengan cerdas, sehingga tujuan keuangan tersebut bisa dicapai dengan tepat. Anda bisa mengatur pembelanjaan lebih cermat dari sebelumnya, pangkas pengeluaran untuk berbagai barang dan hal-hal yang tidak begitu dibutuhkan.
Baca Juga: Keunggulan Fitur 0% Easy Payment Plan

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya