Jokowi: Dalam 10 Tahun Indonesia Bisa Swasembada Daging

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi peternakan sapi milik PT Karya Anugerah Rumpin Bogor Jawa Barat, Selasa (20/6/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia bisa menjadi swasembada daging dalam 10 tahun ke depan. Ia optimistis bila upaya pembibitan dan penggemukan sapi dimaksimalkan, maka target itu bukan tidak mungkin terwujud.

Kemenhub Optimalkan Kapal Ternak Kejar Target RI Swasembada Daging

Saat ini di Indonesia telah ada tujuh wilayah yang menjadi pusat pembibitan penggemukkan sapi. Wilayah itu meliputi, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur, Malang, dan Sulawesi Selatan.

"Kita harapkan nantinya kita betul-betul dapat swasembada daging sapi sendiri. Dari hitung-hitungan yang kita lakukan, itu akan selesai 9-10 tahun," kata Jokowi di lokasi penggemukan sapi milik PT Karya Anugerah Rumpin Bogor Jawa Barat, Selasa 20 Juni 2016.

Kementan Pastikan Sapi Penderita LSD Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Jokowi menyebutkan bila proses pembibitan barulah proses awal di hulu untuk pencapaian target pemenuhan daging dalam negeri. Dan terkhusus di Rumpin, Jokowi mengapresiasi, karena melibatkan swasta, LIPI dan Kemenristekdikti. Begitu juga di sejumlah daerah seperti di Sumatera Barat, yang dibawah kendali Kementerian Pertanian.

Melalui proses ini, nantinya bisa diambil bibit-bibit sapi yang memiliki performance yang bagus. Sehingga, bisa dibagikan ke industri pertanian atau petani.

Peternak Boyolali Siap Suplai Kebutuhan Sapi ke Jabodetabek

"Satu tahun kita membutuhkan kurang lebih 2-3 juta semen beku (sperma) yang terus menerus kalau itu sampai 6 tahun itu baru mencapai hulunya selesai swasembada itu," kata Jokowi.

Nantinya, menurut Jokowi, guna pemenuhan target ini selain melibatkan swasta dan LIPI, melalui Kementerian BUMN juga akan ditugaskan hal serupa yakni oleh PT Berdikari yang nantinya akan bekerja sama dengan Brazil atau Spanyol. "Tapi kita semangat sama 9-10 tahun bisa swasembada daging sapi sendiri," katanya.

Mentan SYL dorong Provinsi Sulsel jadi sentra penghasil sapi potong berkualitas

Mentan SYL Dorong Provinsi Sulsel Jadi Sentra Sapi Potong Nasional

Mentan SYL dorong Provinsi Sulawesi selatan menjadi salah satu sentra penghasil sapi potong berkualitas yang bisa memperkuat produksi daging nasional.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2023