Lebaran, Pulang ke Rumah Mertua Atau Orangtua?

Ilustrasi perjalanan mudik
Sumber :

VIVA.co.id – Lebaran memang belum datang, tapi Anda sudah harus menentukan ke mana akan menghabiskan waktu libur Lebaran. Pilihannya mungkin akan jauh lebih mudah jika Anda berencana pergi berlibur ke tempat wisata dibandingkan menentukan rumah siapa yang harus dikunjungi tahun ini, mertua ataukah orangtua Anda sendiri.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Apalagi jika Anda hidup jauh dari kedua keluarga tersebut. Misalnya Anda tinggal di Jakarta dan orangtua hidup di Semarang sementara mertua tinggal di Padang.

Menentukan rumah siapa yang akan dikunjungi juga bisa jadi perdebatan yang berisiko menimbulkan perseteruan antara Anda dan istri. Namun, berikut ini ada sejumlah tips yang bisa membantu Anda menentukan pilihan:

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Jangan pernah berjanji sejak jauh hari

Jika Anda sudah terlanjur berjanji, akan lebih sulit untuk mengabarkan pembatalan rencana. Untuk itu, coba hindari memberi janji baik pada orangtua maupun mertua jauh hari sebelum Lebaran.

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

Terkadang, orangtua atau mertua bisa saja menelepon untuk meminta rencana Lebaran Anda di kediamannya. Pertanyaan ini pun jadi sulit untuk ditolak.

Namun, ada trik yang bisa digunakan untuk tidak menjawab secepatnya. Katakan pada orangtua atau mertua bahwa Anda belum membicarakan hal ini pada pasangan. Dengan demikian, Anda bisa menunda waktu lebih lama untuk mempertimbangkan hal ini.

Baca juga: Cara Hemat dan Tepat Menyimpan Bahan Makanan

Berapa dana yang Anda punya

Dana akan sangat menentukan. Bila rumah orangtua Anda berada di luar Jawa sementara dana yang ada tidak cukup untuk membeli empat tiket untuk kebutuhan Anda, istri dan anak-anak, maka cobalah cari tujuan yang lebih realistis dari segi dana. Jangan paksakan diri apalagi sampai melakukan pinjaman yang akan sulit untuk dibayar di kemudian hari.

Bicara pada kedua keluarga

Terkadang, masalah dan rasa takut justru ada di kepala Anda sendiri. Bisa saja, kedua keluarga baik orangtua Anda, maupun mertua justru tidak berpikiran sama seperti Anda.

Bisa saja mereka sudah punya rencana liburan sendiri dan Anda tidak dilibatkan. Oleh karena itu, cobalah untuk bicara pada mereka. Lakukan komunikasi lewat telepon untuk mengetahui sejauh apa mereka menginginkan Anda, istri dan anak-anak untuk datang saat Lebaran.

Kunjungi di liburan berikutnya

Bukankah libur tidak hanya ada saat Lebaran? Setelah Lebaran masih ada liburan lain yang juga panjang seperti libur akhir tahun. Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk mengunjungi keluarga yang tidak sempat dikunjungi saat libur Lebaran tahun ini.

Baca juga: Nasihat dari Film Hollywood untuk Kamu yang Berpacaran dengan Atasan

Tanya pada anak

Jika tidak ada yang mengalah antara Anda dan istri untuk menentukan ke mana Anda akan berlebaran nanti, mengapa tidak coba tanyakan pada orang ketiga seperti anak Anda. Tanya apakah anak Anda ingin berlibur ke rumah Anda atau justru mereka ingin bertemu mertua Anda. Bukankah kebahagiaan anak lebih penting dari ego Anda atau pasangan sekalipun.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya