Mau Tambah Penghasilan di Bulan Ramadan? Coba Ini

Pekerjaan sampingan
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Bulan Ramadan memang akan selesa. Sayangnya, kebutuhan untuk berbagai keperluan Lebaran justru akan semakin membengkak. Anda mungkin perlu mempersiapkan uang untuk membeli perlengkapan Lebaran, mudik, dan sebagainya. 

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Jika bisa jeli dalam berhemat dan mengelola keuangan sepanjang bulan Ramadan, mungkin saja Anda sudah punya persiapan uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut. Namun, bagaimana jika tidak cukup? Ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan. Simak contohnya di bawah ini. 

1. Jualan perlengkapan ibadah atau busana muslim

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Busana Muslim akan laku keras selama bulan Ramadan karena banyak yang mencari baju baru untuk merayakan Lebaran. Kalau kamu tidak punya usaha terkait bidang fashion, Anda bisa kerja sama dengan teman atau saudara yang memilikinya. Anda bisa menjadi pihak yang mempromosikan barang dagangan dan mendapat komisi atas penjualan baju.

2. Bikin desain kartu ucapan Lebaran

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Ucapan selamat hari raya Idul Fitri dapat menjadi berkesan saat diucapkan dengan kartu Lebaran. Kalau punya keahlian desain, bisa pakai keahlian untuk membuatkan kartu Lebaran. Tidak perlu dicetak, bisa juga membuatkan kartu Lebaran digital. Banyak teman yang tentu tertarik mengirimkan ucapan Lebaran dengan gambar menarik yang didesain oleh ahli.

3. Bikin dan jualan takjil

Salah satu jenis makanan dan minuman yang jelas akan laku keras dijual di bulan Ramadan adalah takjil. Kalau tidak bisa memasak, bisa mencoba menjalankan bisnis ini bersama teman yang pandai memasak, atau kerja sama dengan saudara. Minimal, bisa menjual takjil ke teman-teman di kampus atau kantor. Lumayan bukan untuk menambah penghasilan selama Ramadan?

4. Jual jasa membungkus atau menyediakan parsel Lebaran

Parcel Lebaran yang dijual di pusat perbelanjaan cenderung memiliki harga yang mahal. Nah, kalau  punya keahlian di bidang ini, Anda bisa tawarkan jasa membuat parcel Lebaran ke kantor atau teman-teman yang sedang mencari parcel Lebaran dengan lebih murah dari harga beli di pusat perbelanjaan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya