Percepat Proyek Terminal 3 Ultimate, Tim Khusus Dibentuk

Loket check-in di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Angkasa Pura ll dan Air Nav, akan membentuk tim khusus untuk mempercepat pemberian izin operasional Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.

Citilink Operasikan Seluruh Rute di Terminal 3 Bandara Soetta 23 Juli

Tim dibentuk untuk lebih mempercepat turunnya izin operasional. Saat ini, izin belum juga turun lantaran Angkasa Pura ll dinilai belum memenuhi semua persyaratan. Hal tersebut berdasarkan hasil verifikasi pada tanggal 16 Juni 2016.

"Tim dibentuk dalam rangka mempercepat proses pengoperasian dengan pemenuhan persyaratan sesuai perundang-undangan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hemi Pamuraharjo di kantornya, Sabtu 25 Juni 2016.

Cathay Pacific Pindah ke Terminal 3 Soekarno Hatta

Hemi menyebut izin akan dikeluarkan pihaknya setelah Angkasa Pura ll memenuhi semua persyaratan. Tim percepatan dibentuk untuk mempercepat proses pemenuhan persyaratan.

"Diketuai oleh Pejabat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sedangkan Wakilnya dari Angkasa Pura ll supaya transparan dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam verifikasi," kata Hemi.

Jokowi Minta Terminal 4 Bandara Soetta Dibangun 2020

Namun bisa dipastikan bahwa Terminal 3 Ultimate tidak bisa digunakan untuk operasional mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Lantaran tim baru akan melakukan verifikasi pemberian izin setelah Lebaran.

"Pelaksanaan verifikasi pemenuhan persyaratan operasional dan uji coba ulang dilaksanakan setelah penyelenggaraan arus lebaran, yang berakhir 17 Juli 2016," tandas Hemi.
 

Atap gedung parkir terminal 3 Bandara Soetta terbang diterjang angin kencang.

Diterjang Angin Kencang, Atap Terminal 3 Bandara Soetta Terbang

Atas yang terbang itu berada di sisi gedung parkir terminal 3.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2020