Menteri Susi Ungkap Biang Kerok Mahalnya Harga Ikan Laut

Menteri Susi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyampaikan alasan kuat mengapa kini harga ikan jadi mahal dan alami kenaikan drastis. Penyebab harga ikan laut jadi mahal lantaran maraknya kasus pencurian ikan yang disebutnya luar biasa.

Menakar Survei Tokoh Alternatif Versi KedaiKOPI, Siapa yang Layak

Alhasil, pasokan ikan segar dari nelayan berkurang, karena tentunya kalah saing dalam berburu ikan dengan alat seadanya. Ujungnya, ikan mulai langka di pasaran. 

Sejauh ini, masyarakat sendiri dikatakannya tidak tahu seberapa banyak ikan-ikan dari bumi pertiwi yang kena garong pencuri ikan di sejumlah titik di Indonesia. Kata Susi, angka pencurian ikan menyentuh ribuan ton setiap tahunnya.

Permohonan Susi ke Jokowi Dapat Dukungan dari Gus Mus

"Nah, itu yang menjadi persoalannya, jadi wartawan harus kasih tahu itu kapal-kapal asing yang beroperasi di 200 sampai 500 titik di perairan Indonesia, satu tahunnya bisa dapat lima ribu sampai 10 ribu ton, coba bayangkan kalau mereka didiamkan begitu saja," ucap Susi di pelataran Sarinah, Jakarta, Minggu, 26 Juni 2016.

Susi menegaskan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai tindakan, termasuk penyitaan. "Contohnya (kapal) SS 2 itu ada dua ribu ton saat kita geledah yang dia dapat dari hasil penangkapannya di perairan Indonesia," kata dia.

Susi Pudjiastuti Geram Luhut Recoki Peraturan Kapal Perairan Natuna

Ia tak bisa membayangkan, apabila praktik tersebut terus marak terjadi di Tanah Air dengan jumlah pencurian ikan sebanyak itu. "Harusnya bisa untuk memberikan makan banyak orang, dan kapal seperti itu ribuan keluar masuk Indonesia," kata dia.

Ilustrasi Benih lobster.

Dibanding Susi, Nelayan Lobster Lebih Dukung Kebijakan Edhy Prabowo

Menteri KKP Edhy Prabowo terbitkan izin ekspor benih lobster.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020