Kota Baru Maja Jadi Kawasan Megapolitan Jabodetabek

Kota Baru Maja
Sumber :
  • Raudhatul Zannah / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka pengembangan Kota Baru Publik Maja.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

"PUPR saat ini terus menunjukkan komitmen percepatan pengembangan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya yaitu wilayah Maja, Kabupaten Lebak, Banten," kata Kepala Badan Pengembangan Wilayah PUPR Hermanto Dardak di Jakarta Selatan, Selasa 27 Juni 2016.

Pengembangan infrastruktur tersebut dilakukan, guna Nawacita dan amanat RPJMN 2015-2019, yakni pembangunan 10 Kota Baru Publik. Di mana, wilayah Maja menjadi salah satu lokasi yang diprioritaskan di bagian barat kawasan megapolitan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Selain itu, pengembangan Kota Baru Maja sebagai Kota Baru Publik memiliki konsep pusat pertumbuhan, berupa Kota Satelit Mandiri yang mengupayakan tersedianya sistem permukiman perkotaan yang berimbang dengan komposisi 1:2:3.

"Sebagai pengembangannya lagi, maka perlu disusun Master Plan dan Development Plan yang memuat pembangunan jalan akses menuju Maja dari Pamulang ke Rangkasbitung, sepanjang kira-kira 58,35 kilometer, sebagai akses utama yang komplementer dengan rencana jalan tol Serpong Balaraja dan Rel Ganda KA Jakarta-Maja," kata Hermanto.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Ia menambahkan, pengembangan infrastruktur Kota Baru Maja juga mengusung prinsip Smart-Green and Inclusive City yang rencananya untuk dihuni sekitar 1,5 juta penduduk pada 2035.

Kemudian, Kota Baru Maja akan difasilitasi Transit Oriented Development (TOD) Kota Baru Publik Maja berbasis ekonomi dan mendukung kawasan industri (Balaraja, Cikupa, Jayanti, dan Cikande), serta kawasan agro industri. (asp)

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022