Cara Jitu Memilih Asuransi Kendaraan

Ilustrasi asuransi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Saat mencoba untuk mencari dan menemukan sebuah perusahaan asuransi yang terbaik, maka Anda akan dihadapkan pada sejumlah pemikiran bahwa hampir semua perusahaan asuransi memberikan layanan yang sama (standar) bagi para nasabahnya. 

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Hal seperti ini tentu akan membuat Anda kesulitan dalam menentukan pilihan. Sebab, tak pernah ada sebuah perusahaan asuransi yang mau mengemukakan berbagai kekurangan di dalam layanan mereka. Sebaliknya, semua keunggulan mereka yang akan diberitahukan, lalu Anda akan mulai kebingungan untuk menentukan pilihan.

Sementara itu, di lain sisi, Anda berharap menemukan satu saja perusahaan asuransi terbaik bagi kendaraan yang dimiliki. Dalam hal ini Anda tidak boleh terburu-buru, setidaknya buatlah sebuah pertimbangan yang matang mengenai perusahaan asuransi yang akan digunakan. Untuk itu, pertimbangkan beberapa faktor di bawah ini untuk bisa menemukannya:

Mobil Kebanjiran Jangan Asal Klaim Asuransi

1. Kemampuan keuangan perusahaan

Di luar sana, ada banyak perusahaan asuransi yang terlihat mapan dan sangat berkelas, di mana mereka memiliki sejumlah kantor yang berlokasi di kawasan elite (entah itu status sewa atau milik sendiri), memiliki sejumlah staf dengan penampilan dan juga kendaraan mewah yang menambah keyakinan Anda akan kemampuan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. 

Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

Namun di lain sisi, mereka memiliki sejumlah klaim yang tidak mampu dibayarkan dan bahkan sejumlah masalah keuangan dalam manajemen yang tak kunjung terselesaikan. 

Anda tentu tidak bisa menilai kemampuan keuangan sebuah perusahaan asuransi hanya dari hal-hal seperti di atas. Sebab, bisa saja penampilan dan kondisi kantor mereka tidak sesuai dengan keuangan yang ada. 

Hal yang paling tepat untuk Anda lakukan adalah dengan melihat dan memahami dengan jelas mengenai laporan neraca keuangan perusahaan tersebut yang biasanya diumumkan secara terbuka di koran. Pastikan Anda paham dengan benar bagaimana cara menilai sebuah laporan neraca dengan baik, sehingga dapat memiliki keyakinan akan perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan tersebut.

Baca juga: Kredit Multiguna dengan Jaminan Deposito, Apa Keuntungannya?

2. Perhatikan layanan yang diberikan

Layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, juga menjadi salah satu hal penting dan wajib Anda pertimbangkan. Mereka bergerak di bidang jasa, maka sudah seharusnya perusahaan asuransi selalu mengedepankan pelayanan yang mereka berikan kepada nasabahnya.

Beberapa orang bahkan menilai bahwa aspek ini merupakan salah satu faktor yang paling menentukan kesuksesan sebuah perusahaan asuransi. Di mana hanya perusahaan dengan layanan terbaiklah yang akan mendatangkan sejumlah nasabah dan keuntungan bagi mereka.

Anda tentu tidak ingin membayar premi untuk hal-hal yang tidak maksimal, bukan? Sangat penting untuk memastikan kemampuan perusahaan asuransi yang akan dipilih untuk kendaraan Anda. Setidaknya pertimbangkan beberapa poin di bawah ini:

• Bagaimana proses klaim yang mereka terapkan, apakah mudah dan praktis, atau justru berbelit-belit dan merepotkan. 

• Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah klaim dari nasabah?

• Seberapa besar jumlah pertanggungan yang mereka berikan, apakah sesuai dengan polis atau tidak?

• Berbagai fasilitas yang mereka miliki juga patut menjadi pertimbangan Anda.
Berbagai informasi tersebut biasanya dapat dengan mudah Anda cari melalui testimoni atau keluhan nasabah pada situs-situs di internet.

Baca juga: Perlukah Anda Memiliki Asuransi Rawat Jalan? Ini Jawabannya

3. Biaya premi

Saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang nasabah asuransi, maka sudah pasti Anda diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya/premi. Anda harus memastikan bahwa sejumlah uang yang Anda bayarkan tersebut, memang telah sesuai dan patut untuk mereka terima. 

Artinya, Anda akan mendapatkan layanan yang sesuai dan pantas atas pembayaran yang akan Anda lakukan. Pastikan juga bahwa perusahaan asuransi yang digunakan, selama beberapa tahun ke belakang tidak mengalami sejumlah masalah keuangan. 

Artinya mereka mendapatkan sejumlah keuntungan atas jasa yang diberikan, dan tidak mengalami sejumlah kerugian selama kurun waktu beberapa tahun ke belakang. Sebuah perusahaan yang mengalami kerugian selama beberapa tahun ke belakang, tentu bukan perusahaan yang sehat.

Anda bisa mencermati seberapa besar keuntungan yang berhasil diraih oleh perusahaan tersebut selama beberapa tahun terakhir, bagaimana kemampuan mereka menangani klaim nasabah, dan seberapa banyak pertambahan aset yang mereka miliki sepanjang tahun. 

Berbagai informasi tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi terbaik.

Baca juga: Mengenal Riba dan Kaitannya dengan Bunga Bank

Pahami dengan baik sebelum memilih

Ada banyak perusahaan asuransi yang mengklaim jika mereka adalah perusahaan terbaik dan bisa dipercaya. Namun sebagai calon nasabah, Anda sudah tentu mengharapkan sebuah perusahaan terbaik dan memang memiliki kinerja yang bisa diandalkan oleh nasabahnya. 

Lakukan perbandingan dan ketahui dengan jelas mengenai aspek keuangan serta layanan yang mereka berikan, sehingga Anda bisa menemukan satu perusahaan asuransi terbaik bagi kendaraan Anda.

Baca juga: Tips Jitu Mengelola THR dengan Baik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya