Cara Hemat Koper Aman dari Biaya Bagasi

Mengekap koper
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Liburan dan traveling tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Setelah capek-capek mempersiapkan rute perjalanan, membuat itinerary, memesan tiket perjalanan, dan hotel, hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum berangkat adalah mengepak barang di tas dan koper.

Tips Travelling Bareng Anak Ala Ringgo dan Sabai

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan packing. Jangan sampai Anda mengepak asal-asalan, sehingga mengakibatkan koper terlalu berat nantinya dan kena biaya tambahan. Supaya bisa menghemat biaya ekstra tersebut, sebaiknya cek lima tips packing berikut:

1. Pastikan ada sisa tempat di koper untuk perjalanan pulang

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Ketika mengemas barang, perlu mempersiapkan celah kosong untuk diisi juga oleh barang-barang yang dibeli dari tempat tujuan traveling (kecuali Anda memang tidak berniat beli apa-apa). Jangan sampai membayar biaya bagasi ekstra di perjalanan pulang karena terlalu banyak membeli oleh-oleh.

2. Bawa barang secukupnya saja

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

Dalam traveling, Anda perlu memastikan bahwa barang-barang yang dibawa memang akan digunakan. Hindari membawa terlalu banyak barang ekstra untuk antisipasi berbagai kejadian. Misalnya, pergi tiga hari dua malam, maka cukup membawa tiga baju ganti dan satu baju tidur. Tidak perlu sampai antisipasi membawa lima baju ganti (kecuali memang berencana untuk pergi ke tempat yang membuat baju kotor). Peralatan mandi juga bisa dikurangi karena umumnya disediakan di tempat menginap.

3. Bagi beban dengan tas kabin

Jangan lupa Anda juga bisa menggunakan tas yang dibawa ke kabin pesawat untuk menyimpan kelebihan barang. Lebih baik repot sedikit dengan membuat tas kabin lebih berat daripada memaksakan seluruh barang masuk koper dan dikenai biaya ekstra karena bagasi terlalu berat.

4. Manfaatkan jasa kurir untuk mengirim oleh-oleh

Ini berlaku terutama bagi yang traveling di wilayah domestik. Kalau membeli oleh-oleh terlalu banyak, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa kurir. Biaya pengiriman dengan kurir bisa jadi lebih murah daripada harus membayar biaya bagasi ekstra, tapi  tetap perlu melakukan riset dulu untuk biaya kurirnya sebelum berangkat.

5. Gunakan langsung baju yang dibeli di tempat tujuan

Jika tahu bahwa belanja baju di tempat tujuan adalah salah satu kegiatan yang akan dilakukan, Anda bisa menghemat dengan tidak membawa terlalu banyak baju saat akan pergi. Anda bisa gunakan langsung baju yang dibeli di tempat tujuan traveling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya