Pertamina: Stok BBM Aman Hingga H+7 Lebaran

Pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Jelang mudik Lebaran 2016, PT Pertamina (persero) menerapkan Siaga I hingga H+7 di seluruh lini bisnisnya. Perseroan juga memastikan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dan gas LPG tersedia di sepanjang jalur mudik di seluruh Indonesia.

Pasokan BBM Akan Habis Dalam Tiga Minggu Jika Terjadi Perang

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, pada mudik Lebaran tahun ini perseroan memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-4, atau pada Sabtu 2 Juli 2016. Pada hari tersebut, Stok BBM dipastikan aman untuk penuhi pergerakan masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya.

"Selain stok aman pada arus mudik, kami juga siapkan stok BBM pada H+4, atau Minggu 10 Juli untuk arus balik. Hari itu diperkirakan sebagai puncak arus balik, karena pada Senin keesok harinya PNS (Pegawai Negeri Sipil) kembali masuk kerja, dan itu jadi kewaspadaan Pertamina," jelas dia kepada media di Jakarta, pada Senin malam, 27 Juni 2016.

Antisipasi One Way di Tol Trans Jawa, Pasokan BBM Jakarta Dialihkan

Untuk H-4, lanjut dia, Pertamina memperkirakan konsumsi Premium akan mencapai 107,858 kilo liter (KL), atau 150 persen di atas rata-rata konsumsi harian (DOT). Kemudian, Pertamina juga memperkirakan konsumsi Pertamax juga akan meningkat H-3 sebesar 18,487 KL, atau 182 persen DOT, dan Pertalite sebesar 14,240 KL, atau 199 persen DOT.

Wianda menambahkan, selain menyediakan stok BBM dengan aman, perseroan juga mengaku melakukan berbagai inovasi, agar pemudik nyaman dalam berkendara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyediakan SPBU khusus sepeda motor dan menyiapkan BBM kemasan untuk Pertamax yang dijual di kios-kios yang ditunjuk.

Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan Elpiji di Kabupaten Bandung Aman

"Langkah inovasi yang dilakukan Pertamina ini diakui untuk memberikan kenyamanan dalam mudik Lebaran tahun ini. Upaya ini diharapkan mengurangi antrean saat pengisian BBM di SPBU," ujarnya. (asp)

Jembatan Kali Kuto, Jalur Mudik Tol Trans Jawa

Liburan Nataru, Pertamina Tambah Pasokan BBM di Tol Trans Jawa

Tambahan pelayanan pasokan ini dilakukan karena jarak SPBU di beberapa ruas tol trans Jawa masih berjauhan.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2020