Wujudkan Kedaulatan Pangan, Kementan Gandeng KPK

Gerai bawang merah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Kementerian Pertanian (Kementan) berkerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berfokus pada "Kerja Sama dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi serta Tata Kelola Komoditas Pangan dalam Rangka Mewujudkan Kedaulatan Pangan".

Pengacara Perantara Suap Penyidik KPK Dituntut 10 Tahun Penjara

Penandatanganan kerja sama guna membangun tunas-tunas integritas, sistem dan komite integritas di lingkungan Kementan melalui internalisasi nilai-nilai kejujuran (integritas).

Adapun tujuan besar penandatanganan kerja sama adalah untuk membangun dan mewujudkan tata kelola (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean governance) di Kementan.

Azis Syamsuddin Didakwa Suap Penyidik KPK Rp3 Miliar

"Untuk mewujudkan program kedaulatan pangan bukanlah pekerjaan yang sederhana. Selain dengan memiliki tekad dan kerja sama yang kuat, tetapi juga melalui kerja sama dengan berbagai pihak," kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Jakarta Selatan, Selasa, 28 Juni 2016.

Amran menambahkan, kerja sama tersebut dapat menjadikan Kementan berkerja lebih baik lagi, lebih profesional, lebih keras, ikhlas dan penuh amanah serta menjadi ‘agen-agen intregitas’.

Azis Syamsuddin Jalani Sidang Perdana Kasus Suap Penghentian Perkara

Seperti halnya KPK, Kementan telah melakukan upaya pencegahan korupsi melalui Pembinaan Tekad Antikorupsi yang telah dilaksanakan secara intensif dan berkelanjutan sejak 2009 lalu. Kementan juga telah membangun dan memiliki sarana yang memadai dalam mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, seperti telah dibentuknya Unit Pengelola Gratifikasi (UPG), Whistleblower's system (WBS), SMS center pengaduan, dan Pembangunan Unit Kerja Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBK/WBBM).

(mus)
 

Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan di Mabes Polri

Besok, Novel Baswedan Cs Dilantik Jadi ASN Polri

Dari 44 orang itu sendiri, diketahui ada nama mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo dan mantan penyidik senior Novel Baswedan.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2021