Pertamina Kembali Jamin Stok BBM saat Lebaran Aman

Petugas mengisi bahan bakar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Pertamina (Persero) memperkirakan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) akan meningkat sebesar 15 persen dari rata-rata harian pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Meski demikian, dipastikan stok BBM pada masa Lebaran tahun ini aman.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan rata-rata harian konsumsi BBM pada tahun ini meningkat sebesar empat persen dibanding tahun sebelumnya.

"Rata-rata harian itu sendiri kita sudah prediksi akan ada kenaikan sekitar empat persen dibandingkan dengan tahun lalu. Khusus untuk Lebaran, akan ada kenaikan lagi sekitar 15 persen," kata Dwi dalam acara buka bersama di Pullman, Jakarta, Rabu malam, 29 Juni 2016.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Ia memprediksi untuk wilayah Jawa, kenaikan konsumsi terbesar akan terjadi di regional Jawa Tengah. Seperti masa Lebaran sebelumnya, provinsi tersebut merupakan perlintasan bagi masyarakat untuk mengisi BBM.

"Kita sudah antisipasi dengan perhitungan rata-rata per hari ditambah 15 persen kenaikan, dan itu kita jaga untuk stok sekitar 18-20 hari," kata dia.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Dwi menjelaskan pihaknya lebih mewaspadai konsumsi energi favorit masyarakat yakni BBM jenis Premium dan gas elpiji. Jenis tersebut akan diprioritaskan agar tidak terjadi kelangkaan.

"Karena dari H-15 sampai H+15 pengalaman kita itu akan selalu ada kenaikan dibandingkan dengan penggunaan rata-rata harian," lanjut dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya