Ini 19 Negara dengan Standar Hidup Tertinggi di Dunia 

Finlandia menjadi negara dengan standar hidup tertinggi
Sumber :
  • The Guardian

VIVA.co.id – Berdasarkan laporan dari The Think-tank Social Progress Imperative terhadap negara-negara dengan kualitas hidup tertinggi di dunia terdapat 19 negara maju dengan tingkat standar hidup tinggi di dunia.

Negaranya Perang, Pengungsi Suriah di Turki Tetap Mudik

Dilansir dari Business Insider, Kamis 30 Juni 2016, disebutkan dalam laporan tersebut terlihat negara Skandinavia mencatatkan skor tertinggi sebagai negara dengan kemajuan sosial. Sementara itu, negara dengan ekonomi besar justru mengalami penurunan skor, sehingga tingginya pendapatan per kapita bukan menjadi satu-satunya ukuran dalam menentukan standar hidup yang tinggi.

Laporan tersebut mengumpulkan tiga indeks utama dalam kemajuan sosial, yaitu pertama, kebutuhan dasar manusia yang mencakup perawatan medis, sanitasi dan tempat tinggi. Kedua, pencapaian kesejahteraan meliputi pendidikan, akses teknologi dan harapan hidup. Ketiga, peluang dalam hal ini adalah hak pribadi, kebebasan memilih, dan toleransi.

Tak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik

Adapun 19 negara-negara dengan kualitas hidup tertinggi tersebut, yaitu: 

19. Amerika Serikat - miliki skor 84,62

10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Bagi Kaum Hawa

AS kali ini masuk dalam ranking 20 besar dan sesuai dengan laporan, negara dengan ekonomi besar seperti AS, belum tentu menghasilkan kemajuan sosial bagi banyak warganya.

18. Prancis - miliki skor 84,79. 

Banyak orang Prancis yang menganut paham liberal, sehingga mencatatkan nilai terendah dalam toleransi dan inklusi, sedangkan terkait indeks peluang Prancis memiliki skor paling rendah dari yang seharusnya.

17. Spanyol - miliki skor 85,88. 

Negara ini menjadi salah satu tujuan liburan paling populer di Eropa. Spanyol memiliki sistem kesejahteraan yang kuat dan keseimbangan kehidupan kerja, tetapi pengangguran pemuda yang tinggi telah menurunkan standar hidup bagi banyak warganya.

16. Belgia - miliki skor 86,19. 

Negara yang menjadi markas besar dari Uni Eropa ini, tercatat memiliki skor besar pada kemajuan sosial dan menunjukkan bahwa menjadi sebuah negara yang lebih kecil, membuatnya menjadi lebih mudah untuk mengatur semua penduduknya.

15. Jerman - miliki skor 86,42. 

Negara lain mungkin berpikir negara ini sedikit lebih rendah dari yang diharapkan, namun skor Jerman lebih tinggi untuk inklusifitas, setelah mereka mengelola satu juta pengungsi dalam beberapa bulan terakhir, Jerman juga berhasil dari sisi mengatasi infrastruktur.

14. Jepang - miliki skor 86,54. 

'Negara Matahari Terbit' ini telah membuat langkah besar dalam kemajuan sosial dalam dekade terakhir, terutama pada wanita yang memasuki dunia kerja. Negara ini masih memiliki populasi imigran yang sangat kecil, dan miliki tingkat bunuh diri umur di bawah 30 yang tinggi.

13. Austria - miliki skor 86,60. 

Kota Wina adalah budaya Eropa dan lereng ski Austria, menarik orang dari seluruh dunia. Menurut IMF, Austria memiliki ekonomi terbesar ke-14 di dunia, dan miliki standar hidup baik.

12. Irlandia - miliki skor 87,94. 

Negara ini memiliki skor sangat tinggi pada pemenuhan kebutuhan dasar manusia, selain itu potensi investasi dari perusahaan asal Inggris di sana membuat negara tersebut menjadi lebih baik.

Berikutnya, Selandia Baru...

11. Selandia Baru - miliki skor 88,45. 

Dewan Pariwisata Selandia Baru menyebutnya sebagai negara termuda dan menjadi salah satu yang paling indah di dunia. Negara ini memiliki indeks peluang atau kesempatan dengan skor sangat tinggi, di mana sebagai penduduk memiliki pekerjaan yang berlimpah.

10. Islandia - miliki skor 88,45. 

Berbicara tentang negara yang indah, skor Islandia sangat baik di kemajuan sosial, terutama di kebutuhan dasar manusia dari sisi indeks pendapatan per kapita. Tim sepakbolanya juga telah membuktikan dirinya sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan.

9. Inggris - miliki skor 88,58. 

Pelayanan kesehatan Inggris adalah bagian besar dari penempatan Inggris sebagai negara dengan standar hidup tertinggi di dunia. Pelayanan kesehatan dasar di negeri tersebut mencetak hampir 100 persen, bahkan untuk skor pendidikan tercatat hampir sama tinggi, dengan akses gratis ke sekolah-sekolah berkualitas.

8. Belanda - miliki skor 88,65. 

Belanda terkenal sebagai salah satu negara yang paling toleran di dunia, sehingga posisinya di sepuluh besar seharusnya tidak mengherankan. Ini adalah salah satu negara tertinggi mencetak hasil pada kebebasan pribadi dan pilihan.

7. Norwegia - miliki skor 88.70. 

Terbiasa melihat negara-negara Skandinavia di sepuluh besar. Norwegia adalah negara terbaik pada nutrisi dan perawatan kesehatan dasar, selain itu untuk akses ke pengetahuan dasar negara ini tercatat cukup kuat. Banyak yang mengatakan model Norwegia menjadi salah satu negara yang akan mengikuti Inggris keluar dari Uni Eropa.

6. Swedia - miliki skor 88,80. 

Negara ini mengambil nilai yang tinggi dari sisi terpenuhinya gizi masyarakatnya dan hak-hak pribadi penduduknya.

5. Swiss - miliki skor 88,87. 

Swiss memiliki beberapa kota yang paling mahal di dunia untuk ditinggali, tetapi warganya mendapatkan nilai, atau uang yang mereka keluarkan. Menurut Laporan Kemajuan Sosial, sisi pelayanan medis, gizi dan akses ke pengetahuan dasar sangat baik di dapat di negara tersebut.

4. Australia - miliki skor 89,13. 

Ada alasan baik, sehingga banyak orang ingin memulai hidup baru di negara tersebut. Austrailia memiliki pendidikan yang fantastis, kesempatan kerja, dan kuatnya kebebasan pribadi. Rasa toleransi dan inklusi menjadi skor negara tersebut menjadi lebih tinggi.

3. Denmark - miliki skor 89,39. 

Denmark memiliki salah satu tingkat mobilitas sosial dan kesetaraan pendapatan terbaik di dunia, sehingga tidak mengherankan membuatnya menjadi tiga besar di daftar ini. Pada kebutuhan dasar manusia nilai negara ini sangat khusus, meskipun untuk kesehatan dan kesejahteraan secara statistik seperti harapan hidup bisa lebih tinggi.

2. Kanada - miliki skor 89,49. 

Seperti bangsa besar, Kanada hanya memiliki 35 juta warga, dan mereka adalah beberapa negara yang terbaik di dunia. Kanada memiliki tingkat kesehatan yang tinggi, dan didukung pendidikan dan kesempatan kerja yang mengesankan kuat.

1. Finlandia - miliki skor 90,09. 

Semua orang mengatakan negara-negara Skandinavia memiliki standar hidup tertinggi, dan sekarang Finlandia telah membuatnya resmi. Ini skor tinggi pada hampir setiap indeks pada laporan tersebut, dari kebutuhan dasar, pondasi kesejahteraan, dan kebebasan pribadi. Bila tertarik untuk ke sana, pastikan untuk membawa mantel hangat karena suhu di sana mencapai minus 50 derajat celcius di musim dingin. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya