Terminal 3 Ultimate Bandara Soeta akan Diverifikasi Ulang

Terminal 3 Ultimate Tidak Beroperasi di Musim Mudik 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan verifikasi ulang Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Soeta).

Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar 3 Jam, Segini Tarifnya

“Verifikasi yang dilakukan terdiri dari verifikasi administratif yang dimulai dari tanggal 11 Juli 2016, dan verifikasi lapangan dimulai tanggal 18 Juli 2016,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pamuraharjo dari keterangan tertulisnya, Kamis 30 Juni 2016. 

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga akan membentuk Tim Terpadu untuk mendorong rencana pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soeta. Tim tersebut, terdiri dari Direktorat Jenderal Jenderal Perhubungan Udara, PT Angkasa Pura II, Perum LPPNPI, dan PT Garuda Indonesia. 

AP II Modernisasi Sub Tower AMC Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Setelah verifikasi tersebut, Tim Terpadu dapat menentukan tanggal operasi Terminal 3 Ultimate Bandara Soeta, setelah semua persyaratan terpenuhi. 

Hemi juga mengingatkan, agar PT Angkasa Pura II segera melakukan pemenuhan atas persyaratan yang bersifat wajib pada bidang keselamatan, keamanan, dan pelayanan, serta melakukan kajian terhadap hasil uji coba, membuat rencana mitigasi.

Ribuan Simpatisan Habib Rizieq Masuki Kawasan Terminal 3 Soetta

Selain itu, juga menyampaikan hasilnya, serta mendapat persetujuan terhadap hasil kajian sebagai persayaratan uji coba ulang keandalan sistem jaringan listrik dan peralatan. 

“Kami juga mengingatkan, agar semua pihak dalam perpindahan pelayanan penumpang ke Terminal 3 Ultimate harus mempertahankan pelayanan dan kemudahan dari penyelenggara angkutan udara dan penyelenggara bandara,” tutur Hemi. 

Sebelumnya, pada Kamis 16 Juni, Kemenhub memutuskan untuk menunda pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soeta, karena belum memenuhi persyaratan terkait standar keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

Hasil ini didapat, setelah tim dari Kemenhub melakukan verifikasi dan uji coba kehandalan peralatan keselamatan, keamanan, dan pelayanan di Terminal 3 Ultimate. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya