Ini Penyebab Inflasi Juni Naik Jadi 0,66 Persen

Daging ayam ras salah satu penyumbang inflasi
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tekanan inflasi sepanjang Juni 2016, lebih banyak disebabkan oleh peningkatan harga bahan makanan dengan menyumbang ke inflasi sebesar 34 persen. Selain itu, tekanan harga makanan jadi, minuman, dan tembakau juga ikut menekan inflasi.

Memotret Lonjakan Harga di Hari Raya Idul Fitri

Kepala BPS Suryamin mengatakan, inflasi terjadi, karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks kelompok pengeluaran, di mana kelompok bahan makanan mencatatkan indeks tersebut, yaitu sebesar 1,62 persen, diikuti kelompok sandang sebesar 0,7 persen, dan komunikasi serta jasa keuangan 0,63 persen.

"Harga bahan pangan dan makanan jadi menekan inflasi Juni 2016," jelas dia di kantornya kepada media, Jumat 1 Juli 2016.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Sementara itu, terkait komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Juni 2016, antara lain, tarif angkutan udara, daging ayam ras, ikan segar, telur ayam ras, gula pasir, kentang, wortel, beras, bayam, apel, tarif listrik, emas perhiasan, tarif angkutan antar kota, ayam hidup, daging sapi, jengkol, kacang panjang, kangkung, ketimun, petai, jeruk, kelapa, nasi dengan lauk, rokok kretek, rokok kretek filter, upah tukang bukan mandor, dan mobil.

Suryamin menambahkan, selain inflasi, sepanjang Juni 2016, juga mencatatkan beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga, atau deflasi, yaitu bawang merah yang mengalami deflasi secara signifikan, yaitu 10,19 persen dengan andil deflasi sebesar -0,07 persen.

Suku Bunga Acuan AS Agresif, Rupiah Dibayangi Pelemahan

"Deflasi pada bawang merah itu terjadi, karena sudah banyaknya pasokan di sentra produksi," kata Suryamin. (asp)

Ilustrasi Telur Ayam.

Agustus 2022 Indonesia Deflasi, Tapi Ada Komoditas Penyumbang Inflasi

BPS mencatat deflasi pada Agustus tetapi ada komoditas penyumbang inflasi, yaitu beras dan telur, Pemerintah perlu melakukan upaya agar inflasi tidak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2022