2017, Akan Ada Tambahan Dermaga di Pelabuhan Merak

Ilustrasi kendaran pemudik.
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Sebanyak tujuh dermaga akan ditambah di Pelabuhan Merak, Banten. Pembangunan diharapkan direalisasi pada 2017. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan bahwa setiap tahun pemerintah selalu melakukan pembangunan infrastruktur.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Sarana dan prasarananya harus ditambah, seperti di sini, pelabuhan penyeberangan Merak dan Bakauheni. Mudah-mudahan tahun depan (penambahan dermaga). Sekarang ada lima, tahun depan jadi tujuh di Merak," tuturnya di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu, 3 Juli 2016.

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa penambahan pelabuhan ini terkait dengan pembangunan ekonomi masa depan. Tidak hanya untuk memfasilitasi arus mudik dan balik saja.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

"Tambahan dermaga itu jadi showcase bagaimana pengelola mengatur laut. Nanti ada Tol Merak-Bakauheuni, Terbangi Besar, Palembang-Tanjung Siapiapi, pasti perkembangan ekonomi akan tinggi. Jadi tidak harus mudik ini juga untuk perkembangan ekonomi ke depan. Dengan adanya Tol Sumatera semua terkait," ujar dia.

Usai Lebaran, pembangunan dermaga akan dimulai dengan penunjukkan pemenang tender. "Setelah Lebaran sudah akan dilanjutkan karena pemenang tendernya sudah ditunjuk. Ini karena arus mudik lebaran, jadi ditunda supaya pelayanan pemudik semakin optimal," kata Danang S Baskoro selaku Direktur Utama PT ASDP Ferry Indonesia.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak
Pelabuhan Merak

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pemudik yang sudah kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa terhitung antara 11-16 April 2024 belum sepenuhnya kembali. Baru sekitar 79 persen atau sekitar 656.622 orang

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024