Harga Cabai Bawang Naik Bombastis, Petai Jadi Rp25 Ribu

Komoditas cabai merah di pasar
Sumber :
  • VIVa.co.id/Shintaloka Sicca

VIVA.co.id – Memasuki H-1 Lebaran, harga komoditas cabai dan bawang merah membumbung tinggi. Hal tersebut berdasarkan pantauan VIVA.co.id di pasar tradisional Jatinegara, Klender, dan Depok.

Harga Bawang Putih Melonjak Hingga Rp60 Ribu per Kg

Lonjakan harga yang terjadi pada cabai dan bawang merah di H-1 naik hingga Rp20 ribu per kilogram. Salah satu pedagang bumbu makanan, Mahmut yang sudah 24 tahun berdagang di pasar mengatakan komoditas cabai dan bawang merah memang mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi.

"Ini bukan kenaikan lagi ya namanya tapi sudah pindah harga," kata Mahmut kepada VIVA.co.id di Pasar Jatinegara, Jakarta pada Selasa, 5 Juli 2016.

Harga Cabai Melambung hingga Rp70 Ribu per Kg di Pesisir Riau

Mahmut mengatakan bahwa harga cabai merah keriting menjadi Rp50 ribu per kilogram yang tadinya Rp35 ribu per kilogram. Cabai rawit merah menjadi Rp60 ribu per kilogram dari awalnya Rp40 ribu per kilogram.

Sementara harga bawang merah Rp60 ribu per kilogram yang mana semula seharga Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih  masih menunjukkan kestabilan harga yaitu Rp40 ribu per Kilogram. Namun bawang putih lebih mahal Rp5 ribu untuk yang sudah cutting atau menjadi Rp45 ribu.

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Merangkak Naik

Tidak jauh berbeda seperti yang diungkapkan Mahmut, pedagang lain, Hariaas mengeluhkan hal sama.

"Harga cabai merah gede Rp60 ribu per Kilogram tadinya Rp40 ribu. Cabai merah keriting Rp55 ribu tadinya Rp35 ribu. Bawang merah awal Rp48 ribu, sekarang Rp 60 ribu per kilogram," kata Hariaas.

Keduanya mengatakan bahwa kenaikan harga ini sudah terjadi sejak H-3 Lebaran. "Pindah harganya sama rata-rata sudah 3 hari ini, sejak 3 hari kemarin," kata dia.

Yang tak kalah bombastis adalah kenaikan petai. Polong-polongan berbau khas ini naik drastis menjadi Rp25 ribu per papan di Pasar Kemiri, Depok. Sedangkan di Pasar Cibinong masih bisa didapat seharga Rp20 ribu per papan. Kenaikan ini terjadi sejak H-2 Lebaran. “Nggak pakai petai dulu deh tahun ini, diganti kacang kapri aja untuk campuran sambal goreng kentang,” kata Dedeh, warga Depok.

Sementara kelapa yang juga banyak dibeli konsumen melambung hingga Rp20 ribu per butir untuk ukuran besar. Ukuran kecil dijual seharga Rp10 ribu.

Hanifa seorang ibu rumah tangga juga mengeluhkan perubahan harga di pasar-pasar menjelang Lebaran.

"Saya beli cabai seperempat kilo Rp15 ribu buat masakan Lebaran. Saya juga beli kentang buat sayur kerecek. Sekarang kentang Rp 25 ribu, sebelum (menjelang) Lebaran gini enggak sampai Rp25 ribu. Kalau saya sebagai ibu rumah tangga keberatan ya dengan naiknya harga-harga. Ini terlalu mahal," kata Hanifa ditemui di Pasar Klender.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya