Pertamina Klaim Penyaluran Bensin dan Solar Lebaran Lancar

Pegawai SPBU
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Lebaran 2016 PT Pertamina (Persero) memantau kondisi pasokan dan stok BBM secara umum berada dalam status lancar dan aman. 

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

PT Pertamina menyebutkan bahwa rata-rata stok Bahan Bakar Minyak (BBM) berada di atas 20 hari. Rinciannya yaitu Premium  20 hari, Biosolar 30 hari, Pertamax 23 hari, Pertalite 13 hari, dan Avtur 23 hari. Selanjutnya, penyaluran BBM mengalami tren peningkatan kembali sejak H+2 Lebaran.

Namun, ada beberapa jenis BBM yang tidak mencapai realisasi penyaluran 100 persen. Jenis BBM tersebut adalah Premium dan Biosolar, demikian keterangan tertulis Pertamina, Senin 11 Juli 2016.

Kisah Dokter Nova saat Ahok Hampir Meninggal di Penjara

Pada H+4 Lebaran, penyaluran Premium rata-rata hanya mencapai 92 persen dari rata-rata normal sebesar 70.566 kilo liter (KL) per hari. Sedangkan, yang terjadi pada Biosolar lebih rendah lagi.

Penyaluran Biosolar pada periode yang sama mencapai 82 persen dari rata-rata normal 35.319 KL per hari.

Besok, Bos Pertamina Bongkar Kisah Nyata Ahok di Penjara

Rendahnya persentase penyaluran pada jenis BBM, Biosolar ini dipantau Satgas Lebaran 2016 PT Pertamina (Persero) telah terjadi sejak delapan hari lalu atau Minggu, 3 Juli 2016.

"Realisasi penyaluran Solar selalu di bawah 50 persen dari rata-rata normal," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro.

Hal tersebut dipantau terjadi karena menyusul tidak beroperasinya angkutan barang, kecuali truk sembako dan BBM.

Realisasi penyaluran pada dua jenis BBM ini, Premium dan Solar, kontras dengan dua jenis BBM lain, yaitu Pertalite dan Pertamax yang justru terus berada di atas proyeksi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya