Lebaran Usai, Harga Bawang Merah Mulai Turun

Pedagang menata bawang merah di kiosnya.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Harga bawang merah pada H+5 Lebaran, tercatat mulai alami penurunan yang cukup derastis di tingkat pedagang. Hal tersebut, dapat terlihat pada sejumlah pedagang yang ditemui VIVA.co.id di Pasar Induk Kramat Jati, hari ini, Senin 11 Juli 2016. 

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

Untuk harga bawang merah dari Brebes, terpantau dijual rata-rata Rp40 ribu per kilogram, sebelumnya harga bawang jenis ini sempat melesat hingga mencapai Rp60 ribu per kilogram menjelang Lebaran. Sedangkan untuk harga beli bawang pondean (bawang merah yang masih terdapat akar serabut) Rp23 ribu per kilogram dan jenis rogol (bentuk sudah lepas dari satuan) Rp32-33 ribu per kilogram.

"Jual ketengan bisa Rp28 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram di hari biasa. Harga Rp40 bisa seminggu sampai 10 hari setelah Lebaran," kata salah satu pedagang bawang merah, Rohim yang sudah berjualan selama 10 tahun di Pasar Kramat Jati kepada VIVA.co.id.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

Sedangkan pada bawang putih, menurut salah satu pedagang bawang putih impor China, Beni yang sudah berjualan sejak 2005, bahwa tidak ada gebrakan dari harga bawang satu ini.

"Harga standar enggak ada gebrakan. Harga naik turun selisih Rp1.000-Rp2.000 dari sebelum Lebaran," kata Beni.

PBB: Harga Pangan Global Melonjak ke Level Tertinggi dalam 10 Tahun

Harga jual bawang putih jenis banci (bawang putih bulat) antara Rp28 ribu sampai Rp29 ribu per kilogram, dengan harga beli antara Rp22,5 ribu - Rp25 ribu per kilogram. Lalu, harga bawang putih jenis cutting relatif lebih tinggi, yaitu harga jualnya Rp37 ribu - Rp36 ribu dengan harga beli pedagang antara Rp27 ribu - Rp28 per kilogram. (asp)

Pembeli dan penjual daging sapi di Pasar Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Harga jual daging sapi jelas Ramadan tercatat berada di atas Rp120 ribu per kilogramnya atau mencapai Rp140 ribu per kilogram.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022