Dubes AS Klaim Trans Pacific Partnership Baik untuk RI

Dubes AS untuk RI, Robert Orris Blake Jr, memasuki masa pensiun.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O Blake, berpendapat rencana bergabungnya Indonesia ke dalam Trans Pacific Partnership (TPP) merupakan salah satu cara terbaik dalam upaya mengembangkan perekonomian.

AS Hengkang, China Potensi Pimpin Trans Pasific Partnership

"Negara-negara yang memutuskan untuk gabung dengan TPP seperti Malaysia dan Vietnam mengalami perkembangan investasi dan perdagangan pada negara tersebut," kata Blake, Senin, 11 Juli 2016 di gedung kedutaan besar AS, Jakarta.

Ia beranggapan, datarnya hubungan dagang dan investasi antara AS dengan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini dapat diperbaiki melalui bergabungnya Indonesia dengan TPP.

RI Diminta Jangan Ikut-ikutan Manuver Amerika Maupun China

"Itu (TPP) indikator penting bagi perjanjian-perjanjian perdagangan besar. Upaya peningkatan perekonomian itu salah satu alasan Presiden Jokowi dan Menteri Lembong mengerti dan mempertimbangkan bergabung dengam TPP. Ini adalah kesempatan besar untuk bergabung dengan organisasi di mana ada 40 persen PDB dunia dan bisa menjadi perjanjian terbesar dalam sejarah," kata dia.

Blake berpendapat Indonesia harus lebih jauh melihat dan mempelajari implikasi TPP terhadap ekonomi dalam dan luar negeri. "TPP harus diratifikasi oleh kongres AS dan mereka ingin agar segera dilakukan," ucapnya.
 

Pertahanan Dagang RI Lemah Hadapi Perdagangan Bebas
Menteri Keuangan, Sri Mulyani

RI Masih Kaji Untung Mana TPP atau Kerja Sama Bilateral

RI belum nyatakan minat gabung TPP.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2018