Produk Indonesia Tembus Tiongkok Lewat Alibaba

Alibaba.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Dalam lawatannya ke Hangzhou, Tiongkok, Menteri Perdagangan Thomas Lembong menjalin kerja sama dengan Alibaba Group untuk memasarkan produk asli Indonesia di pasar Tiongkok.

Luhut Beberkan 7 Strategi Genjot Penggunaan Produk Dalam Negeri

Produk Indonesia yang akan go global untuk tahap awal ini, di antaranya jenis kopi, aroma terapi, panganan ringan, dan beragam produk minuman. Produk-produk tersebut, akan dipasarkan melalui portal jual beli online hasil inisiasi kerja sama Kementerian Perdagangan dan Alibaba Group yang dinamakan Inamall.

"Peluncuran Inamall pada Tmall Global merupakan langkah awal, namun nyata yang menegaskan komitmen pemerintah Indonesia untuk mempromosikan perdagangan digital antara perusahaan Tiongkok dan Indonesia," ucap Lembong dalam siaran persnya, Selasa 12 Juli 2016.

Ganjar Ingin Tingkatkan Geliat Industri Guna Majukan Produk Dalam Negeri

Untuk diketahui, Tmall Global merupakan anak perusahaan dari Alibaba yang fokus sebagai platform Business to Consumer (B2C). Tmall menyediakan salah satunya produk makanan dan minuman yang bisa dipasarkan di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Managing Director Global Alibaba Group, K. Guru Gowrappan mengatakan, salah satu tujuan Alibaba ialah untuk melayani dua miliar konsumen dan puluhan juta penjual secara global.

Kualitas Teruji, Ganjar Ajak Semua Pihak Gunakan Produk Dalam Negeri

Indonesia, kata dia, memiliki basis konsumen yang besar dan menarik pasar, serta basis UKM yang kuat untuk memainkan peran penting dan khusus dalam strategi globalisasi kami.

"Strategi kami di Indonesia adalah untuk membantu membangun ekosistem yang berkelanjutan untuk melakukan e-commerce dengan fokus pada pertumbuhan bisnis lokal. Kerja sama kami dengan Inamall menandai langkah penting ke arah itu," ucapnya.

Disebutkan, kemitraan dua pihak ini akan merefleksikan strategi globalisasi jangka panjang Alibaba untuk memperkenalkan merek dan peritel di seluruh dunia kepada 450 juta penggunanya. Selain itu, menghadirkan produk asli dan khas dari negara asalnya, seperti Asia Tenggara yang memiliki peran penting dalam rencana pertumbuhan Alibaba Group. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya