Serap Tax Amnesty, BEI Dorong BUMN Melantai di Bursa

Layar elektronik menunjukkan pembukaan perdagangan saham di BEI, Jakarta
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Pasar modal diperkirakan akan ikut terbanjiri dengan masuknya dana repatriasi pengampunan pajak, atau Tax Amnesty, setelah kebijakan tersebut efektif diberlakukan. Dana yang masuk tersebut, disebut akan mencari instrumen investasi yang memiliki imbal hasil yang lebih menguntungkan.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Untuk itu, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengaku pihaknya akan mendorong perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun anak usahanya untuk segera melantai di bursa.

"Sekarang kan, juga sudah banyak anak usaha BUMN yang mendaftar IPO (Initial Public Offering, atau pencatatan saham perdana). Ini sangat bagus. Apalagi, dana (tax amnesty) itu akan banyak masuk. Investor itu ingin masuk ke yield (imbal hasil) yang lebih tinggi," kata Tito di kantor pusat OJK Jakarta, Selasa 12 Juli 2016. 

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Tito menjelaskan, jika dana tax amnesty akan banyak mengarah ke pasar modal maka tentunya baik bagi anak usaha BUMN untuk memperkuat modal usaha.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), yaitu Wika Realty berminat melantai di bursa. Tak hanya itu, anak usaha dari PT Pertamina (Persero), yaitu PT Tugu Pratama juga disebut-sebut akan melantai di bursa pada tahun ini. Selain itu,

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

"Anak usaha Pertamina itu ada seratusan dan itu bagus-bagus semua (kinerjanya)," ungkapnya. (asp)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023