Konstruksi Tol Pemalang-Batang Terganjal Pembebasan Lahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) groundbreaking tol Pemalang-Batang
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintahan Joko Widodo tengah berupaya meningkatkan akses transportasi di pulau Jawa melalui pembangunan Jalan Tol Trans Jawa, yang ditargetkan tersambung secara keseluruhan pada tahun 2018 sampai Surabaya.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Sejumlah pembebasan lahan mulai dijalankan paralel dengan pekerjaan konstruksi. Kepada Sub Direktorat Pengadaan Lahan Ditjen Bina Marga, Herry Marzuki mengungkapkan bahwa ada satu ruas tol di Trans Jawa yang pekerjaan konstruksinya masih mandek yakni ruas tol Pemalang-Batang yang masih menunggu kesiapan lahan. 

"Iya belum (progres konstruksinya), karena ada perubahan (pemegang saham) dari BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) juga jadi masih belum, kira-kira Oktober atau November mulai lagi konstruksinya, jadi nanti tergantung badan usahanya," kata Herry di kantornya, Kamis 14 Juli 2016. 

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Ia menjelaskan ruas tol Pemalang Batang yang memiliki panjang keseluruhan 39,2 km ini terdiri dua seksi. Adapun seksi I, progres tanah yang sudah bebas adalah 12,5 persen, sementara untuk seksi 2 adalah 20,88 persen. 

"Jadi kalau di seksi I bisa membayar Rp130 miliar atau ditalangi lagi, bisa dapat panjang delapan kilometer lagi. Awal Agustus Insya Allah bisa dibayar Rp130 miliar dari dana talangan," katanya

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Herry berharap Peraturan Presiden untuk Badan Layanan Umum Manajemen Aset Negara (BLU LMAN) bisa terbit secepatnya, agar BUJT di ruas tersebut akan memiliki rasa kepercayaan yang tinggi untuk menalangi pembebasan lahan. 

"Mudah-mudahan dana BLU LMAN Rp16 triliun tahun ini disetujui, perpres ini kita harapkan secepatnya karena BLU ini menunggu perpres," kata dia.

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022