Uang Kuliah Dipastikan Tidak Naik Tahun Depan

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Joni Hermana (kiri) mengamati mesin Computer Numerical Control (CNC) MTU 200 saat meninjau pusat pelatihan mekatronika dan otomasi industri di Kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/5/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Moch Asim

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memastikan bahwa uang kuliah untuk tahun ajaran 2017 tidak akan naik.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Naim, usai rapat kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat di gedung parlemen, Jakarta.

"Tahun akademik tahun ini mulai pada Juli. Sampai Juli tahun depan, itu tidak akan ada kenaikan," ujar Ainun, Kamis 14 Juli 2016.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Sebagai penyelenggara negara, Ainun mengakui, kondisi perekonomian dalam negeri yang otomatis memberikan pengaruh kepada konsumsi masyarakat memang menjadi alasan tersendiri pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan biaya kuliah.

Tujuannya, ditegaskan Ainun, adalah untuk meminimalisasi beban biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat secara umum. Dengan tidak adanya kenaikan biaya kuliah, maka biaya yang dikeluarkan masyarakat pun bisa dialihkan kepada sektor lainnya.

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

"Konsep kami adalah memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkeadilan, sehingga masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, bisa punya akses," kata dia.

Wisma Makara Universitas Indonesia

Lolos SNBT 2023? Berikut Biaya Kuliah di UI, UNS, dan Unpad

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 sudah diumumkan pada Rabu, 21 Juni 2023. Peserta yang lolos tentunya wajib mengetahui Biaya Kuliah di UI, UNS, dan Unpad

img_title
VIVA.co.id
22 Juni 2023