Usai Lebaran, Harga Sembako Masih Naik Turun

Ilustrasi sembako.
Sumber :

VIVA.co.id – Seiring harga bawang merah yang masih di kisaran Rp50 ribu per kilogram (kg), harga komoditi pangan lainnya pun terbilang masih belum stabil setelah H+9 Lebaran 2016.

Daftar Harga Pangan 4 Desember 2023: Beras hingga Cabai Naik

Berdasarkan pantauan langsung VIVA.co.id di beberapa toko di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, harga Sembilan bahan pokok atau Sembako seperti telur ayam, minyak goreng, gula, dan beras masih naik turun. Tak hanya itu, pembeli pun masih terlihat sepi.

"Harga masih naik turun, seperti telur ayam yang pas lebaran mentok di harga Rp25 ribu per kg sekarang bisa Rp25 ribu per kg bisa juga Rp24 ribu per kg," kata Junaidah (40), penjual sembako di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Juli 2016.

Chef Norman Ungkap Trik Makanan Kaya Rasa, Tapi Masaknya Singkat Moms!

Harga sembako lainnya yang terbilang naik turun adalah minyak goreng curah sebesar Rp12-13 ribu per kg dan gula pasir Rp16-17 ribu per kg. Sedangkan untuk tepung terigu biasa tetap stabil di harga Rp8 ribu per kg dan tepung terigu segitiga biru Rp10 ribu per kg.

Begitu pula dengan harga beras, menurut Ijal, penjual beras di pasar itu mengatakan tidak ada kenaikan signifikan. Harga beras masih pada kisaran Rp7.500-14 ribu per kg, mulai dari kualitas biasa sampai dengan yang kualitas tinggi.

Biaya Transportasi Bikin Harga Bahan Pokok Meroket, Warga Intan Jaya Protes

"Harga beras segitu-gitu saja, kalaupun naik ya cuma Rp1.000 per kg," kata Ijal saat ditemui ditokonya di Pasar Minggu.
 

Ilustrasi barang pangan pendorong inflasi.

BI Pede Inflasi Indonesia Bakal Terkendali Sesuai Target 2024

Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Maret 2024 tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5±1 persen. Diperkirakan inflasi 2024 sesuai target.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024