Lebih dari 50 Persen Orang Miskin Indonesia Ada di Jawa

Suasana tempat tinggal kaum miskin di perkotaan.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, bahwa jumlah penduduk miskin terbesar menurut kepulauan ada di Pulau Jawa, yakni sebanyak 14,97 juta orang dari total penduduk miskin Indonesia sebanyak 28,01 juta orang pada Maret 2016.

DPD Dukung Kemensos Kawal Implementasi Pemutakhiran Data

Sementara penduduk miskin terendah berada di Pulau Kalimantan sebanyak 0,97 juta orang. 

Kepala BPS Suryamin mengungkapkan, bahwa penduduk miskin di Jawa disumbang oleh penduduk pedesaan yang jumlahnya mencapai  sebanyak 8,07 juta atau 14,04 persen, sedangkan penduduk miskin di perkotaan jumlah sebanyak 6,90 juta atau 7,77 persen. 

Hanya Terlahir Miskin Bukan Berarti Tidak Bisa Kaya, Inilah Kisahnya

"Yang miskin paling banyak di Jawa secara jumlah tapi presentasenya memang kecil, karena penduduknya banyak. Artinya 14,97 juta orang, lebih dari separuh penduduk miskin di seluruh Indonesia," kata Suryamin di Kantor Pusat BPS, Senin 18 Juli 2016. 

Suryamin berharap angka ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah agar dapat meningkatkan peluang kerja dan pengentasan kemiskinan.

Corona Buat Kemiskinan Naik, Wapres: Dosa Biarkan Orang Sekitar Lapar

Ia yakin dengan adanya pembangunan infrastruktur di Pulau Jawa dalam beberapa tahun ke depan, akan menambah penyerapan tenaga kerja yang pada akhirnya berimbas kepada pengurangan jumlah penduduk miskin. 

"Jadi mudah-mudahan saja kalau sekarang membangun tol trans Jawa, mudah-mudahan sampai Surabaya nanti bisa menyerap pekerja menengah bawah," kata dia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat rapat koordinasi secara virtual Rembug Desa dengan Bupati dan para kepala se-Kabupaten Banyumas, Senin, 26 Juli 2021.

Cara Ganjar Atasi Kemiskinan Ekstrem di 5 Kabupaten Jateng

Ganjar ingin program pengentasan kemiskinan dapat tepat sasaran dalam tiga bulan sehingga bisa kurangi kemiskinan ekstrem.

img_title
VIVA.co.id
29 September 2021