5 Resep Makin Kaya Meski Gaji Tidak Naik

Orang kaya
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Banyak orang yang ingin jadi kaya, namun merasa mentok dengan keadaannya sekarang. Terjebak di pekerjaan tak disukai, karier sulit naik, sulit mencari pekerjaan baru, dan sebagainya. Meskipun ingin mencoba berbisnis, tapi bingung bagaimana memulainya. 

Terpopuler: Orang Kaya ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah, Gebrakan Baterai Baru BYD

Untuk keluar dari kondisi yang Anda rasa tidak sesuai dengan kehendak ini, tentu perlu usaha ekstra. Kuatkan niat dan cobalah mencari jalan, seperti jangan menyerah mencari pekerjaan baru atau memulai pencarian penghasilan tambahan. 

Sambil menunggu hal tersebut terwujud, Anda sebenarnya bisa tetap tambah kaya meskipun penghasilan belum naik-naik lho! Kunci utamanya adalah mengumpulkan tabungan, di mana tabungan tersebut setelah terkumpul dapat digunakan untuk membeli berbagai macam hal yang diinginkan. Simak beberapa resepnya di sini:

Ini Baru Orang Kaya! Belanja ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah dan Ambulans

1. Tabung receh yang diterima dari kembalian transaksi

Saat membayar untuk makan siang di kantin atau belanja snack di supermarket, seringkali mendapat kembalian dalam bentuk receh. Kumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples. Jangan kaget dengan jumlah receh yang berhasil dikumpulkan.

Orang Kaya Madura Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran: Kami Titipkan Nasib Petani Tembakau

Misalkan menabung receh setiap hari sebesar Rp500. Dalam satu bulan (30 hari), dapat mengumpulkan receh hingga Rp15 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam 12 bulan adalah Rp180 ribu. Meskipun tidak begitu banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan.

2. Tabung dari pengeluaran yang bisa  dipotong

Coba periksa bak-baik apa saja jenis pengeluaran yang sudah dilakukan. Kalau Anda sering menghamburkan uang untuk merokok atau makan junk food, Anda bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya. Lebih mudah memotong pengeluaran sendiri daripada meningkatkan penghasilan bulanan, bukan?

3. Tabung otomatis dengan fasilitas auto-deposit

Anda bisa memanfaatkan fasilitas auto-deposit yang disediakan oleh bank untuk memindahkan secara otomatis sejumlah tertentu dari rekening transaksi harian ke rekening tabungan. Dengan fasilitas ini, Anda akan dibuat ‘seolah’ lupa dengan jumlah uang yang dipindahkan otomatis tersebut sehingga dana tersebut aman dari jangkauan untuk digunakan.

4. Tabung dari potongan diskon yang diperoleh

Anda tentu tahu kalau saat ini ada banyak sekali situs di Indonesia yang menawarkan kupon atau voucher diskon. Manfaatkan situs ini untuk membeli barang atau kebutuhan lain yang memang dibutuhkan saja agar tidak menjadi boros. Bisa juga mengajak teman apabila syarat penggunaan voucher/kupon diskon tersebut cukup berat.

5. Tabung dari cashback yang Anda terima

Tahukah Anda kalau pembayaran dengan kartu kredit bisa memberikan cashback? Ini merupakan salah satu cara umum untuk berhemat sehari-hari. Kalau berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, akan sering menjumpai toko atau supermarket yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit tertentu untuk program cashback.

Akumulasi dari jumlah cashback ini membantu dalam meningkatkan penghematan yang bisa dilakukan setiap bulan. Segera masukkan jumlah cashback tersebut ke dalam rekening tabungan untuk menambah nilai tabungan agar tidak tergoda untuk menggunakannya untuk pengeluaran yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya