Lima Tahun Mendatang Ekonomi Asia Makin Diperhitungkan 

Seorang pria di Tokyo, Jepang, melintas papan indikator harga saham
Sumber :
  • AP Photo/Katsumi Kasahara

VIVA.co.id – Melambatnya ekonomi global yang terjadi saat ini ternyata tidak membuat ekonomi Asia ikut larut dalam perlambatan. Ekonomi Asia diperkirakan masih akan tumbuh sekitar US$1 triliun setiap tahun.

7 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2050, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

Kepala Ekonom DBS Group David Carbon dalam riset yang berjudul "Crisis? Really?" mengatakan capaian ekonomi Asia tersebut nyatanya setara dengan tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) Jerman setiap 3,2 tahun. 

Dengan demikian, perlambatan ekonomi Asia yang terjadi seharusnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Apalagi berdasarkan riset dalam lima tahun ke depan Asia tidak akan kehilangan peran penting dalam ekonomi global, bahkan dalam lima tahun berikutnya semakin diperhitungkan.

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

"Kalau dilihat dari tingkat pertumbuhan setiap tahunnya, dalam 3,2 tahun Asia dapat menghasilkan ekonomi sebesar Jerman di dunia, maka dalam lima tahun kedepan hanya perlu 2,5 tahun Asia mencapai tingkat pertumbuhan Jerman," kata David dalam siaran persnya yang diterima VIVA.co.id, Jumat 22 Juli 2016.

David mengungkapkan, terdapat dua alasan yang saat ini terjadi dari terus melambatnya pertumbuhan ekonomi negara maju dan negara berkembang yaitu berkurangnya jumlah tenaga kerja dan pertumbuhan produktivitas yang merosot.

Sri Mulyani Ungkap Ekonomi Global 2024 Masih Diproyeksi Lemah oleh IMF dan World Bank

Seperti pada Jepang, Korea, Taiwan dan Singapura yang mengalami perlambatan ekonomi saat ini, lebih disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang melambat secara umum, sehingga produktivitas juga ikut berkurang.

Namun, perlambatan penduduk juga bukan suatu hal yang buruk, karena yang terpenting sebenarnya adalah pendapatan per individu yang ditingkatkan dan bila pendapatan per kapita naik itu akan baik untuk semua orang.

VIVA Militer: Rudal hipersonik Iran gagal dibendung sistem Iron Dome Israel

Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel

Serangan drone Iran ke Israel dikhawatirkan bakal berdampak secara politik dan ekonomi dalam negeri yang terjadi pada Sabtu malam, 13 April 2024. Memang, serangan Iran in

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024