Prepcom3 Bantu Program 100-0-100 Hapus Kawasan Kumuh

Prepcom3 bantu kurangi kawasan kumuh.
Sumber :

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, persoalan kawasan kumuh di perkotaan bisa segera diatasi. Hal itu seiring dengan digelarnya kegiatan Prepatory Committe (Prepcom) 3 United Nations Human Settlements Programme (UN-Habitat), di Surabaya, Senin 25 Juli 2016.

Jokowi Resmikan Irigasi Gumbasa Sigi dengan Biaya Rp1,25 Triliun

Menurutnya, masalah itu merupakan salah satu program yang ada di UN Habitat. Karena itu, persoalan itu akan menjadi sorotan utama dalam seminar.

"Makanya, nanti akan dicari solusi bersama untuk menyelesaikan masalah kawasan kumuh," kata Basoeki, usai memimpin upacara pengibaran bendera PBB di Grand City, Surabaya, Minggu 24 Juli 2016.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

Basoeki melanjutkan, pemerintah sendiri sebenarnya sudah memiliki program serupa. Program itu bernama 100-0-100.

"Maksudnya adalah 100 yang pertama itu, bagaimana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat tercapai 100 persen, 0 yang ke dua adalah bagaimana kawasan kumuh itu hilang hingga target 0 persen,  serta 100 yang ke tiga adalah bagaimana sanitasi lingkungan terpenuhi dengan baik,"ujar Basoeki.

Jokowi Resmikan Bandara SIS Al-Jufri dan Tiga Bandara di Sulawesi

Tidak hanya itu, Prepcom3 juga akan membahas persoalan perubahan iklim. "Karena, perubahan iklim yang terjadi saat ini, menjadi masalah yang serius bagi dunia," kata Basoeki. (asp)

Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia (tengah)

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

HSBC resmi meluncurkan ASEAN Growth Fund senilai US$1 miliar atau setara dengan Rp15,8 triliun.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024