'Singapura Sudah Banyak Nikmati Uang Orang Indonesia'

Ilustrasi formulir pajak
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menyebut upaya Pemerintah Singapura menjegal pelaksanaan program pengampunan pajak Pemerintah Indonesia sebagai hal yang wajar.

10 Negara Paling Bahagia di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?

Singapura telah mendapat banyak keuntungan dari disimpannya banyak dana milik Warga Negara Indonesia (WNI) di bank di sana selama bertahun-tahun.

"Itu normal (penjegalan) di negara di mana banyak dana orang Indonesia," ujar Darmin di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Minggu, 24 Juli 2016.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Darmin mengatakan, Pemerintah Singapura menawarkan paket insentif yang menguntungkan WNI pemilik rekening agar mereka tetap menyimpan uangnya di sana.

Namun, menurut Darmin, upaya pemerintah Indonesia untuk menarik dana itu ke tanah air juga tidak kalah. Pemerintah antara lain menyiapkan instrumen investasi dan insentif yang diharapkan membuat pemilik dana lebih tertarik menyimpan uangnya di dalam negeri.

Bansos Disoalkan, Airlangga Bandingkan dengan Negara Lain: Lebih Rendah dari India hingga Amerika

Selain itu, Darmin mengatakan, mekanisme pengampunan pajak yang saat ini telah diatur undang-undang sebenarnya adalah bentuk insentif tersendiri.

"Insentif tax amnesty itu sendiri sudah cukup. Tetapi akan lebih baik ada juga instrumen penempatan lain seperti investasi langsung. Itu mempermudah (pelaksanaan pengembalian dana WNI ke dalam negeri)," ujar Darmin.

Rombongan Emak-emak Makan di Bandara Changi Singapura

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Media sosial kembali dihebohkan dengan rombongan emak-emak yang tengah makan bersama sambil lesehan di Bandara Changi, Singapura. Tak lupa, mereka juga membawa cobek.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024