Kembangkan Energi Panas Bumi, Ini Proyek yang Dikebut PGE

sumur produksi pertamina geothermal area ulubelu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) melakukan berbagai upaya untuk mempercepat realisasi proyek-proyek panas bumi yang sedang dikerjakan saat ini. Mulai dari pemboran hingga pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). 
 
“Saat ini semua sedang dikerjakan. Bahkan untuk rig bor, kami sampai menggunakan delapan rig pemboran dan membangun empat PLTP secara bersamaan, sepertinya kami sudah full speed,” ujar Tafif Azimudin, Sekretaris Perusahaan PGE, dalam keterangan resminya, Minggu 24 Juli 2016.
 
Hingga akhir 2016, kapasitas terpasang PLTP yang dikelola PGE menjadi 542 megawatt (MW) dengan masuknya tambahan 105 MW dari tiga pembangkit, yakni PLTP Ulubelu Unit 3 berkapasitas 55 MW, PLTP Lahendong Unit 5 berkapasitas 20 MW, dan PLTP Karaha Unit 1 berkapasitas 30 MW. 
 
“Untuk merealisasikan tiga proyek PLTP tersebut, Pertamina telah mengeluarkan investasi hingga US$525 juta,” jelas Tafif. 

PGE pada 2017 juga akan menjadi perusahaan yang mengelola PLTP dengan total kapasitas terbesar, yakni 677 MW. Total investasi yang dikeluarkan untuk membiayai pembangunan PLTP dengan kapasitas tersebut ditaksir mencapai US$5 miliar. 

Palembang Bank Sumsel Babel Lolos ke Final Four Proliga

“Kami juga menyiapkan US$2,5 miliar untuk meningkatkan lagi kapasitas PLTP menjadi 907 MW pada 2019,” katanya. 
 
Menurut dia, secara umum tidak ada kendala yang berarti dalam merealisasikan proyek-proyek panas bumi. Namun PGE menemui kendala pada proyek Lumutbalai, Lampung. Lokasi yang direncanakan dibangun konstruksi PLTP setelah dibuka ternyata merupakan zona patahan yang sangat berpotensi longsor sehingga menghambat kemajuan proyek.
 
“Selain itu, terjadinya bencana longsor di Hululais, Bengkulu, yang merusakkan tiga sumur. Tentu ini akan memundurkan realisasi proyek,” katanya. 
 
Sementara itu, lanjut Tafif, untuk harga jual listrik panas bumi, saat ini sudah ada head of agreement (HoA) antara PT PLN dan PGE. Namun, harga tersebut belum aplikatif karena masih diverifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai syarat untuk adendum kontrak dengan PLN.
 
Direktur Panas Bumi Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Yunus Saefulhak, mengatakan, selain menjadi pengembang panas bumi terbesar, PGE juga menjadi perusahaan yang paling besar komitmen untuk membangun PLTP hingga 2025. 

"Terbukti proyek-proyeknya di sembilan lokasi, mulai dari eksplorasi, eksploitasi dan konstruksi," tegas Yunus.
 
Sementara itu, Ketua Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indonesia (METI), Surya Darma, mengatakan, kendala utama dalam pengembangan proyek panas bumi masih tetap dari aspek bisnis, yakni pada umumnya soal perjanjian jual beli atau power purchase agreement (PPA) belum diterima (acceptable) oleh PLN dan pengembang panas bumi. 
 
"Pengembang berharap dapat harga yang sesuai keekonomian sebagaimana ketentuan Permen ESDM tentang harga panas bumi, tetapi belum dapat diterima PLN sebagai pembeli," katanya. 
 
Menurut Surya Darma, pemerintah seharusnya konsisten menerapkan peraturan tentang harga jual listrik panas bumi. Selain itu, perizinan-perizinan yang masih panjang sedapat mungkin diperpendek.  

Kisah Dokter Nova saat Ahok Hampir Meninggal di Penjara

"Hal ini untuk memberikan kepastian usaha dan mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu," tegasnya. 

Hoax gara-gara HTI Pertamina rugi Rp11 Triliun

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Pertamina mengalami kerugian Rp11 triliun. Benarkah gara-gara HTI?

img_title
VIVA.co.id
2 September 2020