10 Negara Paling Produktif di Dunia

Luksemburg negara dengan produktifitas tertinggi.
Sumber :
  • Business Insider

VIVA.co.id – Produktivitas merupakan salah satu kunci utama pendorong keberhasilan ekonomi suatu negara. Semakin tinggi angka produktivitas pekerja suatu negara membuat pendapatan yang diterima pekerja akan semakin tinggi dan berdampak baik terhadap ekonomi negara tersebut.  

5 Negara Paling Produktif di Dunia, Adakah Negara Impianmu?

Dilansir dari laman Business Insider, Senin 25 Juli 2016, penelitian terbaru dari Business-to-business marketplace Expert Market menemukan titik terang di mana orang-orang paling produktif di dunia berada. Expert Market membandingkan data 35 negara ekonomi terbesar di dunia dan mengkompilasi berdasarkan peringkat negara tersebut.

Dalam penelitian tersebut, mereka melihat secara keseluruhan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita negara dan dibagi jumlah jam kerja per orang, kemudian memisahkan secara umum uang yang diterima pekerja dengan jumlah jam kerja paling sedikit sehingga ditemukan peringkat paling produktif. 

Minim Regulasi Pemerintah, Komitmen Keberlanjutan Bisnis Rendah

Adapun 10 negara-negara tersebut adalah 

1. Luksemburg, £45,71. Negara ini merupakan negara yang paling produktif di dunia dengan pencapaian yang cukup besar sebagai negara kecil di tengah Eropa. Negara ini juga terkenal tempat tinggal Presiden Komisi Uni Eropa Jean Claude Juncker. Dari capaian ini terlihat tidak ada negara lain yang memiliki nilai terdekat dengan Luksemburg.

Enam Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Pemalu

2. Norwegia: £36,36. Mahkota Skandinavia untuk produktivitas juga didapat Norwegia, dengan pekerja dua kali lebih produktif, dalam istilah moneter, dibandingkan dengan Italia, Spanyol dan Jepang.

3. Australia: £29,81. Australia mengambil dua kategori dalam produktivitas. Salah satu yang paling produktif  karena negara ini berbahasa Inggris, dan yang kedua sebagai negara paling produktif di luar Eropa.

4. Swiss: £28,35. Pekerja Swiss menghabiskan rata-rata 30,16 jam per minggu di kantor, tapi berkontribusi pada PDB per kapita sebesar £44.452, menjadikan mereka sebagai negara paling produktif di bumi.

5. Belanda: £26,19. Orang Belanda terkenal dengan sikap santainya, namun reputasi itu tidak seluruhnya benar, mengingat  Belanda negara yang paling produktif kelima di Eropa.

6. Jerman: £25,95. Jerman memiliki reputasi dalam hal efisiensi, dan yang berperan dalam perbaikan produktivitas, khususnya sebagai negara paling produktif di anggota G7.

7. Denmark: £24,14. Denmark hanya menang sedikit dalam hal produktivitas dibandingkan tetangganya Swedia, tapi meleset keluar menjadi negara Skandinavia paling produktif.

8. Amerika Serikat: £23,66. PDB AS per kapita duduk di posisi £42.328, sedangkan pekerja menghabiskan rata-rata 34,4 jam dalam bekerja setiap minggu. AS masuk dalam negara paling produktif.

9. Irlandia: £23,12.  Irlandia menjadi berita utama baru-baru ini setelah data baru menunjukkan PDB meningkat sebesar 26 persen pada 2015 dan itu meloncat tinggi dari perkiraan, salah satunya disebabkan oleh produktivitas pekerja.

10. Swedia: £22,58 - Seperti negara-negara Skandinavia , Swedia terkenal sebagai negara bahagia, bebas kejahatan, dan umumnya tempat yang bagus untuk hidup. Yang jelas semua itu membantu produktivitas dalam negeri menjadi lebih baik.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya