Lakukan Hal Ini Sebelum Cicil Mobil Baru

Mobil MPV baru dari Mercedes-Benz
Sumber :
  • Mercedes-Benz

VIVA.co.id – Ada banyak alasan untuk membeli mobil baru. Mulai dari kendaraan lama Anda yang mulai sering masuk bengkel hingga transportasi umum yang menyebalkan karena tidak tepat waktu dan sering mengalami kendala. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Sialnya, bagi kebanyakan orang, mobil baru sama artinya dengan tagihan kredit bulanan yang baru dan mahal. Untuk mobil jenis sedan misalnya misalnya. Bila jangka waktu kredit yang dipilih mencapai 5 tahun, mobil senilai Rp220 juta ini bisa dicicil dengan Rp4 juta hingga Rp5 juta per bulannya. 

Untungnya, Anda bisa mempersiapkan tambahan biaya dengan sedikit perencanaan. Berikut ini 6 hal yang harus dilakukan bila ingin punya mobil baru:

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

1. Cek dulu kelayakan kreditmu

Sebelum berburu mobil yang kamu impikan, cek dulu sejauh mana kelayakan kredit Anda. Maksudnya, sejauh apa bank akan memberi persetujuan atas kredit kendaraan yang bakal diajukan dan berapa nilai yang berpotensi untuk disetujui. 

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Jika punya catatan kredit yang baik, Anda bisa saja mendapatkan bunga dan nilai cicilan yang kompetitif. Cobalah cek kelayakan kredit Anda pada bank atau lembaga keuangan tertentu. 

Baca juga: Kamu Termasuk Hemat atau Pelit? Ini Cara Bedakannya

2. Otak atik belanja bulanan

Bila selama ini kamu tidak punya anggaran khusus untuk belanja bulanan, kini adalah saatnya untuk membuat bujet. Menambah pengeluaran baru untuk cicilan kredit mobil mengharuskan kamu untuk mengotak atik pengeluaran. 

Pelajari bujetmu sekarang untuk menentukan berapa jumlah pengeluaran untuk cicilan kredit mobil yang bisa ditanggulangi. Jika Ada sudah membeli mobil yang diinginkan, jangan membeli barang lain yang akan membuat bujet tersebut berantakan.

3. Cari alternatif kredit

Dalam situasi yang kompetitif saat ini, konsumen selaku calon pembeli mobil bukanlah pihak yang memburu pinjaman. Justru kreditor lah yang saat ini berusaha untuk berburu peminjam. 
Berbagai macam cara dilakukan untuk memenangkan persaingan termasuk memberikan bunga yang paling rendah. Karena itu, jangan pernah puas hanya dengan satu bank atau leasing saja.

Cobalah bandingkan dengan sedikitnya dua hingga tiga bank atau lembaga keuangan lainnya yang menawarkan bunga dan keuntungan lainnya. 

Baca juga: 5 Hadiah Pernikahan Unik Tapi Murah Meriah

4. Kumpulkan DP

Bila berencana membeli mobil, jangan terburu-buru. Kumpulkanlah uang untuk pembayaran DP sebesar mungkin. Sebab, semakin besar uang muka yang kita punya, semakin kecil pula cicilan dan bunga yang akan dibayarkan. 

Setidaknya, kumpulkan uang muka 20 persen dari harga mobil. Jadi, sebelum memutuskan membeli mobil, menabunglah beberapa saat. Jangan menjadi orang yang tergesa-gesa namun mengalami kerugian pada akhirnya karena jumlah yang harus dibayarkan semakin tinggi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya