Hari Ini, Stasiun Senen Berlakukan Sistem Check In

Penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Mitra Angelia

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 mulai memberlakukan sistem check in dan boarding pass di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada hari ini, Selasa 26 Juli 2016 .

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

Penerapan sistem yang serupa dengan penumpang pesawat terbang ini sebelumnya telah berhasil diberlakukan di stasiun Gambir, Jakarta Pusat mulai 23 Juni lalu.

“Keberhasilan penerapan di Stasiun Gambir itu menjadi tolak ukur pertimbangan kebijakan ini. Sehingga setiap penumpang yang akan bepergian menggunakan Kereta Api keberangkatan dari Stasiun Senen harus melakukan check in di check in counter yang disediakan sebanyak 16 unit,” kata Senior Manager Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta, Bambang S. Prayitno melalui keterangan tertulis, Selasa, 26 Juli 2016.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

Ia menjelaskan, dengan sistem baru ini penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dan telah memiliki kode booking, serta penumpang yang telah mencetak tiket untuk selanjutnya melakukan check in pada mesin Check In Mandiri (CIM) yang ada di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

Adapun proses check in ini bisa dilakukan calon penumpang 12 jam sampai sepuluh menit sebelum jadwal keberangkatan KA. Check in dilakukan dengan cara mengetik kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket atau bisa juga dengan melakukan scan barcode dari tiket pada Mesin Check in Mandiri. 

Geger Pria Sukabumi Jatuh Tergeletak Tewas di Terminal Senen

Mesin ini akan mengeluarkan (cetak) boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan. 

Boarding pass inilah yang kemudian harus dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun.  "Sangat mudah dan cepat, mirip dengan proses cetak tiket mandiri di stasiun."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya