Ini Langkah Strategis Pemerintah Jaga Stabilitas Pangan

Darmin Nasution.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, akan menyusun kebijakan pangan yang lebih komprehensif, menyangkut ketersediaan dan stabilisasi harga pangan. Kebijakan itu menyangkut komoditas beras, daging sapi, gula, dan jagung.

Chef Norman Ungkap Trik Makanan Kaya Rasa, Tapi Masaknya Singkat Moms!

"Sejumlah komoditas pangan yang kita bahas itu, antara lain daging sapi, gula pasir, dan bawang merah. Menyusul perkembangan harga dan ketersediaan stok di pasaran usai Lebaran, justru mengalami kenaikan harga," kata Darmin, setelah rapat koordinasi terbatas di kantornya, Selasa 26 Juli 2016.

Menurutnya, dalam kebijakan ini pihak-pihak terkait harus memantau ulang situasi, atau harga pangan dalam waktu dekat dan beberapa waktu ke depan. Terlebih, dalam tiga bulan ke depan, Presiden Joko Widodo mengestimasikan kebijakan pangan tersebut sudah harus mulai dijalankan.

Biaya Transportasi Bikin Harga Bahan Pokok Meroket, Warga Intan Jaya Protes

"Ini nanti akan kita bahas lebih lanjut lagi," kata Darmin.

Di sisi lain, Darmin memberi perhatian pada harga gula pasir yang saat ini mencapai Rp16 ribu per kilogram. Meskipun pasokan gula pasir di pasaran global saat ini juga menurun akibat perubahan musim yang menurunkan angka produksi.

Jaga Stabilisasi Harga Pangan Jelang Idul Adha, Ini Strategi Bapanas

"Saya berharap, pada akhir tahun harga gula bisa Rp12.500 per kilogram," ujarnya.

Rapat koordinasi yang di pimpin Menko Bidang Perekonomian itu dihadiri oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala BMKG Andi Eka Sakya, Dirut Perum Bulog Djarot Kusumayakti, dan pejabat dari Kementerian Perindustrian dan Bappenas. (asp)
 

Pedagang mengangkut bahan pangan di pasar. (Foto ilustrasi)

Daftar Harga Pangan 4 Desember 2023: Beras hingga Cabai Naik

Harga komoditas pangan mayoritas terpantau mengalami kenaikan.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023