Kabar Sri Mulyani Masuk Kabinet Santer, Apa kata Pasar?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Isu reshuffle Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo kencang berembus. Sejumlah menteri ekonomi dikabarkan akan diganti. Nama-nama yang pernah menempat posisi sebagai menteri digadang-gadang akan ditarik masuk dalam kabinet Jokowi. Lalu bagaimana pelaku pasar menanggapi kabar tersebut? 

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
 
Sejumlah pelaku pasar menilai pasar akan menyambut positif jika terjadi perombakan dalam kabinet Jokowi khususnya menteri bidang perekonomian. 
Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta
 
"Saya kira pasar akan menerima positif, karena secara menyeluruh pasar melihat sosok (Sri Mulyani) yang dinilai akan mampu menjadi penyeimbang," kata Lucky Bayu Purnomo, analis dari Danareksa, saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 27 Juli 2016. 
Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi
 
Menurutnya, selain nama-nama yang ramai dibicarakan di media sosial sejak tadi malam, nama Sri Mulyani dan Darmin Nasution dianggap sebagai pasangan yang pas untuk membantu Presiden Jokowi dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi. 
 
"Kalau memang pak DN (Darmin Nasution) akan menjadi penyeimbang jika benar Sri Mulyani masuk kabinet dan ini akan memberi sentimen positif bagi pasar. Target perekonomian juga diharapkan akan bisa tercapai," tuturnya.
 
Reza Priyambada, analis dari NH Korindo Securities mengatakan untuk tahap awal pasar memang akan merespons positif terkait perombakan di Kabinet Kerja Jokowi khususnya menteri ekonomi. 
 
"Jika benar nama-nama yang beredar di media sosial akan menggantikan menteri ekonomi saat ini, saya kira pasar akan memerikan sinyal positif. Apalagi nama SM cukup dikenal baik di pasar begitu juga kinerjanya selama ini," kata Reza kepada VIVA.co.id. 
 
Ia mengatakan sosok masih menjadi pertimbangan pelaku pasar, selain tahap selanjutnya road map dan implementasi di lapangan. "Paling tidak kinerja nama-nama yang ramai dibicarakan sudah teruji, harapan pelaku pasar perombakan ini akan memberi angin segar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata dia. 
 
Sejak tadi malam, sejumlah menteri dipanggil ke Istana. Sejumlah nama bereda di media sosial, nama Sri Mulyani disebut-sebut akan masuk dalam jajaran menteri Kabinet Kerja. Selain itu nama Darmin Nasution tetap akan bertahan, namun menteri lainnya dikabarkan akan diganti. 
 
Rencananya Presiden Joko Widodo akan mengumumkan reshuffle kabinet pada hari ini pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya