IHSG Menghijau Sambut Isu Pergantian Kabinet

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Mengoptimalkan Aset Negara
- Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Rabu 27 Juli 2016 dibuka menguat 0,40 persen, atau 21,01 poin ke level 5.245,40. Kenaikan IHSG kali ini, dinilai berkat santernya pergantian kabinet (
reshuffle
Strategi Menhub Jangkau Konektivitas Daerah Terpencil
) pemerintahan Jokowi Jilid II.

Pulau Tax Haven, Untung Rugi Masih Dikaji
Menurut Kepala Riset Universal Broker Indonesia Satrio Utomo berpendapat, pergerakan IHSG hari ini terpengaruh dengan Sri Mulyani effect. Maksudnya, para investor menaruh harapan besar kepada Presiden untuk mengangkat Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan yang baru menggantikan Bambang Brodjonegoro.

"Kalo saya lihat, Sri Mulyani effect. Rumor penggantian menteri yang beredar, salah satunya memasukan nama Sri Mulyani sebagai pengganti menkeu," kata dia kepada VIVA.co.id.

Namun, Satrio sendiri tidak begitu yakin, Sri Mulyani akan memandang jabatan menteri, lantaran kehadirannya kali ini hanyalah untuk memenuhi undangan Presiden semata. Di sisi lain, sebagai alternatif calon menteri keuangan yang baru, Mardiasmo dinilai cukup berkompeten.

"Terus terang, saya tidak terlalu yakin, karena memang sudah menolak permintaan Jokowi sekali. Kemarin, hanya ada undangan Jokowi. Cuma kemarin, saya liat alternatif calon yang lain pak Wamenkeu Mardiasmo juga sudah cukup bagus," ujarnya.

Meskipun demikian, kata Satrio, saat ini, ekspektasi pasar tengah tertuju pada pengangkatan Sri Mulyani. Jika tidak sesuai dengan ekspektasi, diramalkan pasar akan kembali turun.

"Sejauh ini, kalau memang ternyata penggantinya dia, pasar sedang berharap Sri Mulyani yang masuk, ya positif. Tetapi, yang saya tangkap kalau bukan Sri Mulyani sepertinya bisa akan kembali turun lagi," tuturnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya